Jumat, 12 April 2024

Google Maps Akan Hadirkan Informasi Stasiun Pengisian Daya untuk Mobil Listrik

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Ilustrasi logo Google Maps. Foto: Pexels

Untuk memudahkan pengaturan khusus bagi pengendara mobil listrik, Google Maps memutuskan tidak lagi menampilkan pom bensin dan hanya menunjukkan informasi ketersediaan stasiun pengisian daya listrik hingga jenis-jenis colokan.

Dilansir dari Antara, Minggu (20/8/2023), perubahan pengaturan khusus itu dapat dirasakan lewat layanan Google Maps yang terhubung dengan Android Auto.

Pearl Xu Juru Bicara Google mengatakan, perubahan itu dilakukan untuk terus menyesuaikan kebutuhan pengguna dengan layanannya lewat optimalisasi.

“Hal itu dilakukan untuk membantu pengguna mendapatkan informasi paling relevan saat bernavigasi, tahun lalu kami juga telah menambahkan fitur agar pengendara kendaraan listrik bisa melihat stasiun pengisian daya alih-alih pom bensin di Google Maps untuk Android Auto,” katanya.

Untuk informasi ketersediaan stasiun pengisian daya secara realtime, Google akan menyediakan informasi ketersediaan stasiun pengisian daya yang bisa digunakan dan terdekat sehingga pengguna tidak perlu mengantre.

Selain itu, Ada juga fitur “Filter” untuk kecepatan pengisian daya, saat digunakan maka pengguna bisa mencari kapasitas stasiun pengisian daya yang memiliki kecepatan “sangat cepat” dan “cepat”.

Google Maps memberikan informasi stasiun yang digolongkan “sangat cepat”, yang memiliki kapasitas pengisi daya 150 kilowatt atau lebih tinggi, sehingga pengguna yang terburu-buru bisa mengisi cukup baterai dengan daya yang besar dalam waktu kurang dari 40 menit. Selain itu, terdapat stasiun pengisian daya yang tergolong dalam kategori “cepat”, yang memiliki kapasitas pengisian daya 50 kilowatt atau lebih tinggi.

Fitur filter juga bisa digunakan untuk mencari stasiun pengisian daya dengan jenis colokan mobil listrik tertentu, pengguna bisa mencari stasiun yang kompatibel dengan colokan mobil listriknya, sehingga lebih mudah saat melakukan pengisian daya.

Google Maps juga menghadirkan rekomendasi saat pengguna memilih untuk menambahkan perhentian untuk pengisian daya dalam sebuah perjalanan, aplikasi akan menyarankan perhentian terbaik yang telah dikalkulasi dengan situasi lalu lintas terkini, tingkat daya mobil listrik, serta perkiraan konsumsi energi.(ant/ris/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 12 April 2024
30o
Kurs