Jumat, 26 April 2024

Hadiri Muktamar di Saudi, Menag Targetkan Kuota Haji 2023 Lebih dari 100 Persen

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Yaqut Cholil Qoumas Menteri Agama saat memberi keterangan pers setibanya di Bandara Jeddah, Senin (4/7/2022). Foto: kemenag.go.id

Yaqut Cholil Qoumas Menteri Agama Republik Indonesia bertolak ke Arab Saudi, pada Kamis (5/1/2023) untuk menghadiri persiapan Muktamar Haji yang diselenggarakan Arab Saudi.

Menag mengatakan muktamar akan membahas persiapan haji, mulai dari kuota, hotel, hingga penyediaan katering untuk jemaah haji.

“Saya akan terbang ke Arab Saudi hari ini untuk persiapan muktamar haji, nanti akan dibahas beberapa hal terkait persiapan dan pelaksanaan haji tahun ini, termasuk kuota, penyediaan hotel, katering, dan sebagainya,” ungkap Menag jelang terbang dari Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, mengutip laman resmi Kemenag, Jumat (6/1/2023).

Yaqut berharap dalam muktamar tersebut, usulan Indonesia bisa dipenuhi Arab Saudi.

“Saya berharap mudah-mudahan bisa dipenuhi permintaan kita, salah satunya tambah kuota. Ini penting agar antrean haji yang panjang itu bisa diperpendek. InsyaAllah, 100 persen sudah dapat. Kita ingin lebih dari 100 persen,” kata Gus Men, sapaan akrab Yaqut.

Ia mengatakan bahwa muktamar ini sangat menentukan bagaimana pelaksanaan haji 2023. Karena itu ia sengaja terbang ke Arab Saudi agar bisa langsung bernegosiasi.

“Jadi muktamar ini akan sangat menentukan bagaimana pelaksanaan haji pada tahun ini,” jelasnya.

Kunjungan kerja ini juga menandai dimulainya proses persiapan penyelenggaraan Ibadah Haji 1444 H/2023 M.(dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
29o
Kurs