Senin, 29 April 2024

Hardiknas Ingatkan Tiga Tahun Pandemi Ubah Pendidikan Surabaya Jadi Serba Digital

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya didampingi Rini Indriyani Ketua TP PKK Kota Surabaya bersama para pelajar, Selasa (2/5/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2023 menjadi pandemi Covid-19 selama tiga tahun di Surabaya turut mengubah pendidikan menjadi digitalisasi.

Menurut Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya, imbas pandemi, persoalan pembelajaran jadi lebih efektif dan efisien terselesaikan meski tanpa bertatap muka.

“Pandemi memberikan pelajaran terkait digitalisasi, bagaimana anak ini belajar tidak harus bertatap muka, bagaimana dengan masa pandemi kita diajarkan untuk tetap mempertahankan rasa persaudaran, rasa sosialiasi, tanpa bertemu tapi semua masalah bisa diselesaikan,” katanya usai upacara Hardiknas di Balai Kota Surabaya, Selasa (2/5/2023).

Ia minta, para tenaga pendidik terus meningkatkan kemampuan demi menyesuaikan digitalisasi. Terutama dalam implementasi merdeka belajar yang sedang diterapkan.

“Yang terenting, bagaiamana para guru bisa berinovasi, bisa memberikan tulisan-tulisan melalui aplikasi-aplikasi atau platform-platform yang ada. Sehingga para guru bisa menaikkan kemampuannya dengan memanfaatkan digitalisasi, karena mau tidak mau dengan zaman modern,“ bebernya lagi.

Begitu juga dengan pendidikan karakter, sambungnya, diminta tetap jadi fokus selain pendidikan akademis bagi pelajar. Tujuannya mencetak generasi berakhlak. Selain penerapan di sekolah, Eri juga minta perhatian khusus para orang tua.

“Surabaya ini tidak hanya pendidikan akademis tapi karakter. Kedua penguatan pendidikan agama di rumah masing-masing. Ketiga adalah pendidikan keluarga. Seorang anak memiliki jiwa pemimpin, akhlakul karimah bukan tergantung negaranya. Negara sudah menyiapkan pendidikan, cara pendidikan tapi tergantung dari orang tua. Jangan pernah harap anak jadi baik ketika orang tua cuek terhadap anak,” bebernya lagi. (lta/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
26o
Kurs