Selasa, 21 Mei 2024

Hari Kedua Operasi Ketupat Semeru di Jatim: Ada 29 Kecelakaan, Dua Orang Meninggal 

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Satlantas Polresta Malang Kota saat giat Operasi Ketupat Semeru 2023, Selasa (18/4/2023). Foto: Satlantas Polresta Malang Kota

Polda Jatim mencatat ada 29 kecelakaan yang terjadi di hari kedua pelaksanaan Operasi Ketupat Semeru 2023, Selasa (18/4/2023).

Kompol Gandi Darma Kasi Pendidikan Lalu Lintas Masyarakat Polda Jatim menjelaskan, dalam kecelakaan hari ini ada dua orang meninggal dunia, luka berat satu orang dan luka ringan 42 orang.

Sementara untuk rincian penyebab kecelakaan, karena mengantuk 1 kejadian, mendahului, berbalik, berpindah lajur total 10 kejadian, tidak menjaga jarak 7 kejadian, berpindah lajur 1 kejadian, tidak mengutamakan pejalan kaki 3 kejadian, kondisi jalan 1 kejadian dan lain – lain 6 kejadian.

“Waktu kejadian yang terbanyak terjadi di jam 6-12 siang sebanyak 12 kejadian. Jam 3 pagi – 6 pagi sebanyak 5 kejadian. Kemudian jam 3 sore – jam 6 sore 5 kejadian,” kata Gandi saat mengudara di Radio Suara Surabaya, Selasa.

Polisi juga menindak berbagai pelanggaran yang dilakukan oleh pengendara baik roda dua mau pun roda empat lewat ETLE statis dan mobile, tilang manual dan teguran hari ini.

Mayoritas pelanggaran yang dilakukan pesepeda motor adalah tidak menggunakan helm, berkendara di bawah umur dan melawan arus.

“Sedangkan untuk roda 4 mayoritasnya didominasi tidak menggunakan safety belt, melebihi muatan dan menggunakan handphone saat berkendara,” tegasnya.

Hari ini polisi mencatat total ada 9.227 kendaraan baik roda 2, roda 4 dan bus yang masuk ke wilayah Jatim. Kemudian untuk kendaraan yang keluar ada 9.065.

“Data kendaraan yang masuk dan keluar di wilayah Jawa Timur berbatasan dengan Jawa Tengah di jalan arteri melalui Tuban, Ngawi, Bojonegoro, Magetan, Pacitan dan Ponorogo,” pungkasnya.(dfn/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Selasa, 21 Mei 2024
26o
Kurs