Senin, 29 April 2024

Hujan Deras, Tembok Pembatas Sungai di Kembang Kuning Surabaya Ambrol

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Tembok penahan sungai di Jalan Kembang Kuning ambrol saat hujan pada Jumat (28/4/2023). Foto: Samaji via WA SS

Hujan lebat disertai angin kencang terjadi di Surabaya, tepatnya di kawasan Surabaya Barat pada Jumat (28/4/2023) siang.

Samaji pendengar Suara Surabaya melaporkan, tembok pembatas sungai di Jalan Kembang Kuning ambrol sehingga aliran airnya meluber ke jalan.

Terkait ini, Lilik Arijanto Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Surabaya menjelaskan, tembok di saluran setinggi 2 meter itu ambrol sekitar 20 cm.

Ditambahkan Lilik, kejadian ini membuat aliran air dibuang ke sekitar Jalan Mayjen Sungkono dan Jalan Adityawarman.

“Jebolnya tanggul yang di Kembang Kuning. Karena kita gak bisa buang air ke utara agak kita kurangi sedikit, harus dibuang ke selatan. Kalau (pembuangan air) dibuat ke utara nanti meluber semakin ke pusat kota sehingga sementara buang ke selatan dulu,” ujar Lilik kepada Suara Surabaya. 

Pihaknya telah menerjunkan petugas dan alat serta material untuk menangani jebolnya tembok pembatas tersebut.

Banjir di Jalan Raya Kupang Indah, Kota Surabaya pada Jumat (28/4/2023). Foto: Muhamad Zain via WA SS

Selain itu, hujan deras juga membuat sejumlah daerah di kawasan Surabaya barat banjir. Beberapa kawasan dilaporkan beberapa pengakses Suara Surabaya banjir dan tidak bisa dilewati kendaraan.

Seperti di Jalan Mayjen Sungkono tepatnya di depan simpang empat Ciputra World dan Darmo Park, Bukit Mas sebelum McDonalds Mayjen Sungkono, Dukuh Kupang hingga di Jln Dr. Soetomo (depan bakso Afung dan Fusia).

Untuk menanggulangi ini, Lilik menjelaskan, telah dikerahkan pompa air untuk menyedot genangan darti Gunungsari dan Gunungsari 2.(dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
32o
Kurs