Jumat, 3 Mei 2024

HUT Ke-77 Bhayangkara, Polisi Janji Ungkap Semua Kejahatan Surabaya dan Optimalkan Pencegahan

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Tim patroli Polrestabes Surabaya dan Polres Pelabuhan Tanjung Perak saat Upacara HUT Ke-77 Bhayangkara, di Balai Kota Surabaya, Sabtu (1/7/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Momen Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Bhayangkara, Polrestabes Surabaya berkomitmen menjaga sinergitas dengan Polres Pelabuhan Tanjung Perak untuk mengungkap semua kejahatan Surabaya dan mengoptimalkan pencegahan.

Kombes Pol Pasma Royce Kapolrestabes Surabaya menyebut, segala tindak kriminalitas di Surabaya menjadi tanggungjawabnya yang harus dituntaskan.

“Tentu komitmen utama terkait dengan segala bentuk kejadian kejahatan, tindak pidana kriminalitas, sebagai bentuk tanggung jawab kami. Kami berkewajiban melakukan pengungkapan dan membuat terang tindak pidana tersebut. Selanjutnya kita akan mengoptimalkan langkah pencegahan, supaya kejadian tersebut tidak terulang dan terjadi terus terjadi, keresahan di masyarakat,” bebernya usai Upacara HUT Ke-77 Bhayangkara, di Balai Kota Surabaya, Sabtu (1/7/2023).

Upacara HUT Ke-77 Bhayangkara, di Balai Kota Surabaya, Sabtu (1/7/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Salah satu cara pencegahan ditunjukkan usai upacara hari ini, yaitu seremonial patroli yang dijanjikan rutin dilakukan tiap malam juga membentuk 1.340 polisi RW di seluruh Surabaya.

“Betul, patroli malam, melakukan operasi kejahatan malam, juga melakukan sambang kepada masyarakat untuk melakukan edukasi, supaya memahami keamanan dan menjadi bagaimana keamanan di lingkungan masing-masing. Siskamling, polisi RW, upaya kita melakukan pencegahan preventif supaya masyarakat tidak menjadi korban,” terangnya lagi.

Momen ini, lanjut Pasma, juga jadi titik balik mengembalikan kepercayaan publik pada Polri usai sederet kejadian yang dilakukan oknum Polri.

“Fenomena dari beberapa kejadian yang cukup menjadi perhatian publik tentunya menjadi tonggak kami dari kepolisian lebih bisa meningkatkan juga mengintensifkan kehadiran Polri di masyarakat,” tambahnya.

Jajaran Forkopimda Surabaya di momen HUT Ke-77 Bhayangkara,, Sabtu (1/7/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Senada dengan Pasma, AKBP Herlina Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak mengaku rutin melakukan operasi penyekatan Jalur Suramadu dari arah Surabaya maupun Madura untuk menggagalkan upaya pencurian kendaraan bermotor (curanmor).

“Selama ini ada beberapa hasil kendaraan bermotor disita tanpa dilengkapi surat-surat. Di sana itu kan jalurnya lurus, kesempatan untuk kembali gak bisa. Jadi mengantisipasinya di sana. Kedepan dievaluasi gak harus Sabtu malam Minggu, tapi hari lain,” imbuhnya.

Menurut Herlina tiga minggu terakhir angka penyitaan kendaraan bermotor tanpa dilengkapi surat-surat di Jalur Suramadu menurun.

“Penurunan tidak sampai 50 persen. Tapi memberi efek ke masyarakat agar berpikir melakukan kalau kejahatan karena polisi ada,” tandasnya. (lta/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
30o
Kurs