Minggu, 3 Maret 2024

Ibu Negara Bersama Ratusan Perempuan Tampilkan Aneka Kebaya di Istana Merdeka

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden bersama Ibu Iriana memakai busana adat Betawi saat membuka secara resmi acara Istana Berkebaya, Minggu (6/8/2023). Foto: tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

Iriana Ibu Negara bersama ratusan perempuan dari berbagai kalangan, sore hari ini, Minggu (6/8/2023), berkumpul di halaman Istana Merdeka Jakarta, dalam acara Istana Berkebaya.

Para perempuan itu kompak memakai aneka kebaya, untuk menunjukkan keberagaman seni budaya serta busana dari Indonesia.

Joko Widodo Presiden bersama Ibu Iriana memakai busana adat Betawi. Presiden memakai Baju Koko Sadariah berwarna hitam dengan sarung hijau yang terbalut di leher, sementara Ibu Negara memakai Kebaya Encim dan kain berwarna merah.

“Sebelum acara dimulai, izin, Pak Jokowi, saya mau berpantun. Bunga menur bunga raflesia, mekar sekuntum merah merona, citra luhur wanita Indonesia, pribadi anggun dengan kebaya,” ucap Iriana Ibu Negara.

Menanggapi pantun Iriana, Jokowi mengatakan kebaya melambangkan karakter masyarakat Indonesia yang anggun, yang lemah lembut yang sopan, dan bersahaja.

“Dengan mengucap Bismillahirohmanirohim, Istana Berkebaya saya nyatakan dibuka,” kata Presiden dan Ibu Negara.

Pada acara itu, Ma’ruf Amin Wakil Presiden memakai baju koko putih, dan Ibu Wury Ma’ruf Amin pakai Kebaya Encim bernuansa putih dan merah jambu, mendampingi Presiden dan Ibu Negara berjalan di panggung catwalk.

Sementara itu, Heru Budi Hartono Penjabat Gubernur DKI Jakarta menyebut, Istana Berkebaya terselenggara atas kolaborasi bersama Pemprov DKI Jakarta dan Kementerian Sekretariat Negara.

“Saya ucapkan terima kasih atas kepercayan yang diberikan untuk bersinergi melaksanakan perhelatan ini, dalam rangka perayaan HUT RI ke 78. Selaras dengan semangat HUT ke-78 RI Terus Melaju untuk Indoensia Maju. Acara Istana Berkebaya mengajak kita untuk mencintai dan melestarikan Budaya Indonesia serta merajut persatuan dan kesatuan sebagai pondasi yang kokoh bagi kemajuan bangsa,” ungkapnya.

Sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju juga ikut memeriahkan acara itu antara lain Basuki Hadimuljono Menteri PUPR, Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan, Retno Marsudi Menteri Luar Negeri, Sri Mulyani Menteri Keuangan, Angela Tanoesoedibjo Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan Syahrul Yasin Limpo Menteri Pertanian.

Kemudian, ada Zulkifli Hasan Menteri Perdagangan, Dito Ariotedjo Menteri Pemuda dan Olahraga, Nadiem Makarim Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Mahfud Md Menko Polhukam, Laksamana TNI Yudo Margono Panglima TNI, Sanitiar Burhanuddin Jaksa Agung, Budi Arie Setiadi Menteri Komunikasi dan Informatika, Prabowo Subianto Menteri Pertahanan, Tito Karnavian Menteri Dalam Negeri, dan Agus Gumiwang Kartasasmita Menteri Perindustrian.

Acara Istana Berkebaya merupakan pagelaran busana kebaya dengan para model yang berjalan di panggung, seperti menteri perempuan di Kabinet Indonesia Maju, istri menteri yang tergabung dalam OASE KIM, duta besar negara sahabat, serta anggota masyarakat.

Peragaan busana kebaya itu diikuti sebanyak 400 peserta yang berjalan di catwalk sepanjang 200 meter yang dibangun di area luar depan Istana Merdeka. (rid/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Surabaya
Minggu, 3 Maret 2024
29o
Kurs