Jumat, 19 April 2024

IKI Shipyard Menangkan Kontrak Perbaikan Kapal Tunda Pelindo Marines

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Penandatanganan Kontrak Maintenance Repair TB. Anoman IX di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (10/5/2023). Foto: Pelindo

PT Industri Kapal Indonesia (Persero) atau IKI Shipyard mendapatkan kontrak pekerjaan perbaikan Kapal Tunda (KT.) Anoman IX milik PT Pelindo Marine Service (Pelindo Marines), anak usaha BUMN Pelindo.

Dalam keterangan yang diterima suarasurabaya.net, penandatanganan kontrak docking repair sinergi BUMN di sektor maritim tersebut, dilakukan oleh Warsilan Direktur Utama Pelindo Marines, dan Suhan Iksan Direktur Operasi IKI Shipyard disaksikan Diana Rosa Direktur Utama IKI Shipyard, di Makassar Sulawesi Selatan, Rabu (10/5/2023).

“Di Makassar, IKI Shipyard mengoperasikan galangan kapal dengan lahan seluas 32 hektar dengan fasilitas yang lengkap di wilayah timur Indonesia. Dengan pengalaman menggarap docking berbagai jenis kapal sejak 1963, kami berharap dapat menyelesaikan perbaikan KT. Anoman IX tepat waktu, tepat kualitas, dan dengan harga yang kompetitif,” ujar Diana Rosa, di sela acara.

Direktur perempuan yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Operasional PT Dok Perkapalan Surabaya itu, juga menyatakan kesanggupan IKI Shipyard untuk melayani kebutuhan docking kapal-kapal Pelindo Marines lainnya yang beroperasi di wilayah timur Indonesia. Karena, IKI Shipyard juga memiliki fasilitas galangan di Bitung, Sulawesi Utara, seluas 4,1 hektar.

“Harapannya semangat sinergi BUMN di sektor maritim juga dapat memberikan kepercayaan sekaligus meningkatkan pengalaman dan kualitas pekerjaan perbaikan kapal dengan mengoptimalkan fasilitas-fasilitas dan SDM di wilayah terdepan Nusantara,” ungkapnya.

Hal tersebut dibenarkan oleh Warsilan. Menurutnya, merger Pelindo oleh Kementerian BUMN yang menyatukan 4 BUMN Pelindo, bervisi untuk membangun ekosistem maritim yang terintegrasi.

“Integrasi industri maritim tidak hanya konektivitas pelayaran logistik. Tetapi juga integrasi support system yang mendukung agar pelayaran dapat berjalan lancar. Di antaranya kesiapan dan kualitas docking atau perbaikan kapal, sehingga ekosistem maritim yang terintegrasi dapat tercipta dengan berkelanjutan. Pelindo Marines yang kini melayani penundaan kapal dari Malahayati, Aceh, hingga Jayapura, Papua, berkomitmen turut mendorong tumbuhnya ekosistem maritim nasional yang handal,” jelasnya.

Untuk diketahui, Perbaikan KT. Anoman IX merupakan perbaikan terjadwal yang meliputi perbaikan menyeluruh, termasuk perpipaan dan propulsi. Hingga tes dan inspeksi untuk kedua belah pihak bersama regulator memastikan kesiapan kapal tunda kembali beroperasi.

“Semakin handal dan bertambahnya fasilitas layanan docking di penjuru negeri akan turut berkontribusi pada efisiensi industri logistik. Karena jarak lokasi perbaikan kapal menjadi lebih dekat dengan area kerja sehingga memberikan efisiensi mobilisasi, serta kapal lebih cepat dikirim kembali bekerja memberikan pelayanan ke pengguna jasa,” pungkasnya. (bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
30o
Kurs