Senin, 29 April 2024

Indonesia Ajak Negara Peserta Paris Summit 2023 Kerja Sama Hadapi Perubahan Iklim

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Sri Mulyani Menteri Keuangan dalam Paris Summit 2023. Foto: Instagram @smindrawati

Sri Mulyani Menteri Keuangan (Menkeu) RI berpendapat bahwa kerja sama global dibutuhkan untuk menghadapi perubahan iklim, karena pemerintah tidak bisa bekerja sendiri.

“Kerja sama diperlukan baik dari sisi pembiayaan, teknologi, maupun keahlian untuk mencapai transisi yang adil dan terjangkau bagi semua,” kata Sri Mulyani sesuai dikutip dari Antara, Senin (26/6/2023).

Sekarang ia mengungkapkan bahwa banyak negara berkembang yang memiliki keterbatasan dalam pendanaan perubahan iklim. Oleh karena itu, perlu adanya dukungan sistem keuangan global termasuk bank pembangunan multilateral dalam mengatasi kesenjangan pembiayaan terutama untuk negara berkembang.

Adapun langkah konkret dari negara maju sangat dibutuhkan untuk membantu pendanaan aksi iklim, seperti melalui pemenuhan komitmen sebesar 100 miliar dolar AS per tahun yang hingga saat ini belum terpenuhi.

Di samping itu, dibutuhkan antisipasi dampak perubahan iklim dengan intensitas lebih tinggi yang berbahaya, baik pada alam maupun manusia. Berbagai upaya dan antisipasi yang dapat dilakukan antara lain dengan meningkatkan kapasitas bank pembangunan multilateral dan lembaga keuangan, termasuk memprioritaskan fasilitas hibah dan concessional financing lainnya.

Kehadiran Sri Mulyani Menkeu dalam Paris Summit 2023 mewakili Joko Widodo Presiden bertujuan untuk pemenuhan undangan dari Presiden Prancis. Paris Summit 2023 yang berlangsung pada 22-23 Juni 2023 bertujuan untuk membangun diskusi dan penguatan kerja sama multilateral dalam membangun solusi pembiayaan global untuk penanganan tantangan global dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals 2030/SDGs 2030), salah satunya termasuk agenda perubahan iklim global.

Sri Mulyani juga melakukan serangkaian pertemuan bilateral di London, Inggris, dan Paris, Prancis, dalam tujuan kunjungan kerja dan di sela-sela rangkaian Paris Summit 2023 pada 21-23 Juni 2023 untuk bertukar pikiran tentang pemulihan ekonomi global, transisi energi, pembiayaan iklim dan pasar karbon, hingga berdiskusi terkait perkembangan Keketuaan Indonesia di ASEAN.

Beberapa tokoh penting yang bertemu dengan Sri Mulyani Menkeu yakni Jeremy Hunt (Menteri Keuangan Inggris-Chancellor of the House Exchequer of the UK), Janet Yellen (Menteri Keuangan Amerika Serikat), Nirmala Sitharaman (Menteri Keuangan India), Bruno Le Maire (Menteri Keuangan Prancis), Ajay Banga (Presiden Grup Bank Dunia), Mathias Cormann (Sekretaris Umum Organisasi untuk Kerja sama Ekonomi dan Pembangunan/OECD), Anna Bjerde (Direktur Pelaksana Bank Dunia), dan Thomas Heller (Chairman of the Board and Senior Strategic Advisor Climate Policy Initiative).

Pertemuan-pertemuan bilateral tersebut tidak hanya membahas perkembangan isu ekonomi global beserta tantangannya, tetapi juga digunakan untuk meminta dukungan atas agenda-agenda prioritas Indonesia, seperti sektor energi dan keuangan, termasuk kerja sama pada forum G20 dan lembaga keuangan multilateral yang strategis. (ant/bnt/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
26o
Kurs