Sabtu, 24 Februari 2024

Indonesia-Arab Saudi Perkuat Kerja Sama Transportasi Umrah dan Haji

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Budi Karya Sumadi Menhub menilai peluang untuk meningkatkan layanan penerbangan untuk umrah dan haji semakin terbuka lebar usai pandemi Covid-19. Foto: Kemenag

Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan (Menhub) RI, membahas peningkatan konektivitas dan pariwisata, termasuk penerbangan umrah dan haji saat bertemu dengan Faisal bin Abdullah Al-Amudi Dubes Arab Saudi untuk Indonesia.

“Hubungan baik antara Indonesia dengan Arab Saudi terjalin sejak lama dan kami secara intens melakukan pertemuan-pertemuan. Pada pertemuan kali ini saya menemui Dubes Arab Saudi untuk membicarakan peluang peningkatan layanan transportasi untuk umroh dan haji,” ujar Budi dilansir Antara pada Minggu (23/7/2023).

Budi mengatakan, peluang untuk meningkatkan layanan penerbangan untuk umrah dan haji semakin terbuka lebar setelah berakhirnya pandemi Covid-19.

Ia menganggap momentum ini harus dapat dimanfaatkan dengan baik untuk memulihkan industri penerbangan nasional.

“Beberapa waktu lalu, kami telah upayakan Bandara Kertajati (Kabupaten Majalengka) untuk melayani penerbangan umrah dan haji, yang Alhamdulillah bisa terwujud. Selanjutnya, kami akan upayakan Bandara Dhoho Kediri, yang Insya Allah dapat melayani penerbangan umrah tahun depan setelah bandara resmi dioperasikan,” tuturnya.

Selain membahas penerbangan umrah dan haji, pertemuan dengan Dubes Arab Saudi juga membahas upaya peningkatan kunjungan pariwisata antara kedua negara.

Indonesia menyampaikan niatnya untuk membuka penerbangan ke Thaif, Arab Saudi. Thaif dipilih karena relatif tidak terlalu ramai ketimbang Makkah.

“Kami juga mempersilakan Arab Saudi jika ingin membuka penerbangan ke Indonesia, termasuk ke Kertajati, Bali, dan di lain tempat,” ujar Menhub. (ant/dvn/saf/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Sabtu, 24 Februari 2024
27o
Kurs