Minggu, 12 Mei 2024

Indonesia Berangkatkan Bantuan Kemanusiaan untuk Korban Gempa Turki

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Pemberangkatan pesawat berisi pasukan dan bantuan kemanusiaan untuk korban gempa Turki, Sabtu (11/2/2023). Foto: Kemlu

Pemerintah Indonesia memberangkatkan bantuan kemanusiaan untuk korban gempa Turki di Base Ops, Lanud Halim Perdana Kusuma, pada Sabtu (11/2/2023).

Melansir akun Twitter Kementerian Luar Negeri, dua pesawat bantuan Boeing 737 membawa personel gabungan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan SAR Nasional (Basarnas), Kementerian Luar Negeri (Kemlu), dan Kementerian Pertahanan (Kemhan).

Selain itu, diberangkatkan pula pesawat Herkules C-130 yang membawa barang bantuan di antaranya berupa alat kesehatan.

Bantuan kemanusiaan ini dilepaskan oleh Muhadjir Effendy Menko PMK didampingi oleh Prabowo Subianto Menhan, Budi Gunadi Sadikin Menteri Kesehatan, Laksamana Yudo Margono Panglima TNI, Ka BNPB, Ka Basarnas, dan Dirjen Protkons yang mewakili Retno Marsudi Menlu RI.

Sebelumnya Pemerintah Indonesia mengirimkan bantuan untuk menangani dampak bencana gempa dalam dua tahapan kepada pemerintah negara terdampak, Turki dan Suriah.

Abdul Muhari Pelaksana tugas Kepala Pusat Data dan Informasi Kebencanaan BNPB, Kamis (9/2/2023), menyebut pada tahap pertama Indonesia mengirimkan tim medium urban search and rescue (USAR) berkekuatan 47 personel dari Basarnas.

Untuk tahap kedua, pemerintah akan menempatkan tim emergency medical technition atau EMT, beranggotakan setidaknya 90 personel dari Kementerian Kesehatan, TNI-Polri dan organisasi masyarakat yang juga berkualifikasi dalam medical emergency response.(dfn/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 12 Mei 2024
33o
Kurs