Senin, 29 April 2024
Debat Capres

Indonesia Hargai Bantuan Kamboja Tangani Isu Perdagangan Orang

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
KBRI melakukan pertemuan dengan Y.M. Chou Bun Eng Wakil Ketua National Committee for Counter Trafficking (NCCT) yang bertanggung jawab langsung kepada Perdana Menteri Kamboja, di Phnom Penh pada Kamis (21/12/2023). Foto: Antara KBRI melakukan pertemuan dengan Y.M. Chou Bun Eng Wakil Ketua National Committee for Counter Trafficking (NCCT) yang bertanggung jawab langsung kepada Perdana Menteri Kamboja, di Phnom Penh pada Kamis (21/12/2023). Foto: Antara

Santo Darmosumarto Dubes RI di Phnom Penh menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan atas bantuan Pemerintah Kamboja dalam penanganan kasus-kasus yang menimpa pekerja migran Indonesia yang menjadi korban tindak pidana perdagangan orang (TPPO).

“Kami sadari perdagangan orang adalah isu kejahatan lintas batas yang tidak dapat diselesaikan oleh satu negara saja,” kata Santo Dubes, Jumat (22/12/2023) dilansir Antara.

Pernyataan itu ia sampaikan dalam pertemuannya dengan Chou Bun Eng Wakil Ketua National Committee for Counter Trafficking (NCCT), yang bertanggung jawab langsung kepada Perdana Menteri Kamboja, pada Kamis (21/12/2023) keamrin.

Setelah mendengarkan pemaparan strategi NCCT untuk periode 2024-2028 dalam memberantas TPPO di Kamboja, Santo Dubes juga menawarkan potensi kerja sama konkret antara para pihak di kedua negara dalam meningkatkan upaya pemberantasan kejahatan lintas batas tersebut.

“Semoga terjalin komunikasi dan kerja sama yang lebih intensif antar badan terkait dari kedua negara seperti kementerian luar negeri, kepolisian, dan imigrasi,” ujar Santo.

Lebih lanjut, langkah tersebut juga disetujui Chou Bun Eng, yang menyatakan pentingnya upaya pencegahan dari negara pengirim dan menjerat sindikat pelaku kejahatan perdagangan orang dengan hukum.

Disebutkan bahwa saat ini telah terdapat memorandum kesepakatan antara kepolisian dan kementerian dalam negeri Kamboja untuk kerja sama penanganan kejahatan lintas batas antara Indonesia dan Kamboja yang ditandatangani pada Agustus 2023 lalu di Labuan Bajo, Indonesia. (ant/feb/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs