Sabtu, 27 April 2024

Institut Teknologi PLN Akan Terima 1.400 Mahasiswa Baru di Tahun 2023

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Kegiatan belajar di Institut Teknologi PLN. Foto: PLN

Institut Teknologi PLN (ITPLN) akan menerima sebanyak 1.400 mahasiswa baru untuk tahun 2023.

“Teknologi berkembang, sektor energi bertransisi. Kita semua harus punya keahlian yang relevan dengan perubahan zaman. Di sinilah peran penting ITPLN sebagai kawah candradimuka pendidikan khususnya untuk melahirkan ahli-ahli energi di Indonesia,” kata Darmawan Prasodjo Direktur Utama PLN.

Darmawan menjelaskan, di masa depan peran energi listrik akan semakin besar, untuk itu ia berharap ITPLN yang memiliki 4 fakultas dan 13 program studi baik jenjang S2, S1 dan D3 mampu menjadi ruang belajar yang produktif dan inovatif.

Dalam keterangan resmi PLN, ITPLN memiliki fakultas khusus yang akan mendukung transisi energi di Indonesia, antara lain Fakultas Ketenagalistrikan dan Energi Terbarukan, Fakultas Teknologi dan Bisnis Energi, Fakultas Telematika Energi, serta Fakultas Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan.

Iwa Garniwa Rektor IT PLN menyatakan, contoh mudah dari pentingnya peran energi listrik di masa depan adalah meningkatnya permintaan electrifying agriculture (sektor pertanian berbasis listrik), electrifying marine (sektor kelautan berbasis listrik), maraknya kendaraan listrik dan electrifying lifestyle (gaya hidup berbasis listrik) lainnya.

“Pembangunan dan pelayanan kelistrikan melibatkan semua disiplin ilmu. Karena kita perlu membangun ekosistem energi kelistrikan yang semakin besar, masa itu tak lama lagi akan datang,” kata Iwa pada acara Town Hall Meeting di kampus ITPLN, Jakarta.

Tahun ini akan ada 100 mahasiswa baru yang diterima di ITPLN dan langsung diberikan ikatan kerja di PLN begitu selesai kuliah. Sedangkan 50 lulusan terbaik tahun ini akan diterima berkarir di PLN melalui jalur direct shopping, lanjut Iwa.

Selain itu, kelebihan yang ditawarkan oleh ITPLN antara lain jaminan magang di seluruh unit PLN, sub holding serta anak perusahaan di seluruh Indonesia. ITPLN juga menjalin kerja sama dengan Universiti of Tenaga Nasional Malaysia, Kookmin University Korea Selatan, Slovak University of Technology Slovakia dan Singapore Polytechnic.

“Mahasiswa kami memiliki kesempatan luas untuk melakukan studi banding ke dunia internasional. Bertemu dan belajar dari berbagai kampus terkemuka dan terdepan dalam pengembangan energi,” tutup Iwa.(abd/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
31o
Kurs