Jumat, 23 Februari 2024

IPW Minta Kasus Meninggalnya Walpri Kapolda Kaltara Diungkap Secara Jelas

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Sugeng Teguh Santoso Ketua Indonesia Police Watch (IPW). Foto: Antara

Indonesia Police Watch (IPW) mendorong Divisi Profesi dan Pengamanan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Div Propam Polri) menyelidiki kematian Briptu Herlambang, anggota pengawal pribadi (Walpri) Kapolda Kalimantan Utara (Kaltara).

Herlambang diduga meninggal karena karena luka tembak di rumah dinas Irjen Pol Daniel Adityajaya Kapolda Kaltara.

“Pemeriksaan Propam Polri perlu segera dilakukan untuk memberikan kejelasan, sebab, dan latar belakang kematian Briptu Herlambang yang berasal dari kesatuan Brimob tersebut,” kata Sugeng Teguh Santoso Ketua IPW dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu (23/9/2023) dikutip Antara.

Menurut Sugeng, kejelasan meninggalnya Herlambang penting untuk diungkap secara transparan, agar tidak menjadi spekulasi publik.

Dia mengatakan kematian anggota Polri karena latar belakang bunuh diri sudah sering terjadi. Polri perlu membentuk tim khusus untuk meneliti sebab dan alasan anggotanya melakukan tindakan bunuh diri tersebut, agar fenomena bunuh diri pada anggota polisi ke depannya tidak terjadi.

Ditambah lagi, kata Sugeng, sebelumnya ada kasus kematian Brigadir Yosua yang ditembak atasannya sendiri dan menjadi sejarah paling buruk di kepolisian.

Kemudian, setelah tewasnya Brigadir Yosua tahun lalu publik kembali digegerkan dengan anggota Polri yang meregang nyawa di awal tahun 2023. Bripka AS anggota Polres Samosir ditemukan tewas pada 23 Januari 2023 diduga minum sianida.

Lalu pada 25 Maret 2023, Briptu RF Staf Pribadi Pimpinan Polda Gorontalo ditemukan tewas dengan luka tembak di dalam mobil dinas yang terparkir di Jalan Lingkar Gorontalo. Kematian itu diduga bunuh diri, karena ditemukan jelaga mesiu di tangan kanan korban.

Enam hari kemudian, tepatnya pada 31 Maret 2023 Bripka DK anggota Ditsamapta Polda Banten, ditemukan tewas dengan luka tembak di kamar rumahnya, Griya Baladika Asri, Kota Serang Banten.

Sementara pada 23 Juli 2023, Bripda Ignatius Dwi Frisco Sirage anggota Densus 88 Anti Teror meninggal di Rusun Polri Cikeas, Gunung Putri, Kabupaten Bogor oleh rekannya yakni Bripda IMS dan Bripka IG.

Dari banyaknya peristiwa tersebut, IPW meminta institusi Polri untuk mengkaji dan melakukan penelitian terkait beragam permasalahan psikologis sekaligus keteladanan setiap pimpinan untuk membina bawahan. (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Jumat, 23 Februari 2024
32o
Kurs