Senin, 29 April 2024

Jaga Aset Negara, KAI Surabaya Bongkar 97 Bangunan Liar di Bubutan

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Sejumlah petugas membantu mengeluarkan barang milik warga saat penertiban aset negara yang dikuasakan kepada PT KAI, di Kelurahan Jepara, Kecamatan Bubutan, Surabaya, Kamis (9/2/2023). Foto: Antara

KAI Daop 8 Surabaya melakukan penertiban dan pengosongan lahan yang berada di Kelurahan Jepara, Kecamatan Bubutan, Kota Surabaya sebagai upaya menjaga aset negara yang dikuasakan pada PT KAI. Aset tersebut terdiri dari 97 bangunan atau kios dengan luas 16.281 meter persegi.

Luqman Arif Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, melansir dari Antara, Jumat (10/2/2023), menjelaskan bahwa PT KAI memiliki dasar, yakni Sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB) No. 00014 tahun 2014, sedangkan yang kedua surat dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK-RI) Nomor : R-4002/10-12/09/2014 tanggal 16 September 2014 perihal tindak lanjut Penertiban Barang Milik Negara (BMN) di Lingkungan PT. Kereta Api Indonesia (Persero), dan Peraturan Menteri BUMN Nomor : Per-13/MBU/09/2014 tentang Pedoman Pendayagunaan Aset Tetap Badan Usaha Milik Negara.

“Aset tersebut dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berjualan tanpa ada ikatan sewa atau perjanjian dengan PT KAI sebagai pemilik aset, selain untuk menjaga dan mengamankan aset, penertiban ini tentunya juga untuk penataan dan pengembangan kawasan tersebut,” katanya.

Sebelum dilakukan penertiban, upaya sosialisasi dengan pemberian surat peringatan ataupun surat pemberitahuan terkait penertiban telah disampaikan kepada para pedagang yang menempati lahan KAI tersebut.

“Koordinasi serta dukungan dari petugas kewilayahan, baik dari Polri/TNI serta pemerintah kota juga sudah dilakukan sebelumnya,” ucapnya.

Oleh karena itu, Menurut dia, KAI Daop 8 mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk memenuhi peraturan yang berlaku terkait kepemilikan dan pemanfaatan aset Negara

“Pihak kami akan terus berkolaborasi dengan kewilayahan dan instansi terkait untuk melakukan upaya dalam menjaga aset perusahaan serta pemanfaatannya,” ujar Luqman.(ant/abd/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
26o
Kurs