Sabtu, 27 April 2024

Jatim Targetkan Juara Umum dalam Ajang LKS SMK Tingkat Nasional

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim dalam pembukaan LKS SMK Nasional di Universitas Airlangga, Selasa (24/10/2023). Foto: Humas Pemprov Jatim Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim dalam pembukaan LKS SMK Nasional di Universitas Airlangga, Selasa (24/10/2023). Foto: Humas Pemprov Jatim

Jawa Timur ditunjuk sebagai tuan rumah pelaksanaan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK XXXI tingkat Nasional tahun 2023. Kegiatan itu dibuka langsung oleh Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur di Airlangga Convention Center (ACC), Selasa (24/10/2023).

Dalam ajang itu, Aries Agung Paewai Kepala Dinas Pendidikan Jatim optimis para siswa yang mewakili provinsi bisa membawa pulang gelar juara umum.

Optimisme Aries itu berdasarkan hasil perhitungan dari training center yang dikakukan oleh pihak sekolah di DUDI dan Dindik Jatim secara internal.

“Hasil Training Center kemarin kami hitung ada 23 emas di tangan. Mudah-mudahan ini tercapai sehingga Jatim bisa menjadi juara umum,” harap Aries.

Dalam LKS Nasional ini sebanyak 998 siswa SMK dari 36 Provinsi di Indonesia akan bertanding di 37 bidang lomba keahlian, di SMKN 5 dan SMKN 6 Surabaya pada 23-28 Oktober 2023.

Kemudian dalam sambutannya secara daring, Nadiem Anwar Makariem Mendikbudristek menyatakan pengembangan SMK yang pesat merupakan akselerasi dari program SMK Pusat Keunggulan (PK)

Yang mana dalam program ini sekolah didorong untuk menyiapkan kompetensi peserta didik yang relevan dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri (DUDI).

“Upaya transformasi SMK diperkuat melalui BPTI dan Puspresnas (Pusat Prestasi Nasional). Melalui pusat tersebut kami mengadakan berbagai perlombaan untuk siswa dan menghimpun talenta muda berprestasi agar terus berkarya,” kata Nadiem.

Sementara itu Khofifah menyebut di LKS Nasional ini Jatim menjadi tuan rumah secara langsung setelah pandemi Covid-19. Gubernur Jatim itu menyatakan para siswa SMK ini tidak disiapkan menjadi karyawan, melainkan menjadi juragan.

“Maka karakter yang dibentuk oleh sekolah adalah mental juragan. Mudah-mudahan pelaksanaan LKS ini sukses. Anak-anak bisa mencapai cita-cita. Dan mencapai karir yang prestisius,” katanya.(wld/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
30o
Kurs