Kamis, 25 April 2024

Jawa Timur Berpotensi Hujan Ringan, Selat Madura Waspada Gelombang Tinggi

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi cuaca ekstrem di wilayah Jatim saat malam tahun baru. Foto: Freepik

Cuaca di wilayah Jawa Timur (Jatim) dan sekitarnya Selasa (30/5/2023) diprakirakan cerah dan berawan pada pagi hari.

Menurut laporan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang diterima suarasurabaya.net, kondisi cuaca siang hingga sore nanti diprakirakan cerah, berawan, dan hujan ringan hingga sedang. Menjelang malam hari, diprakirakan kondisi cuaca cerah, berawan, hujan ringan hingga sedang, dan hujan lebat disertai petir. Pada dini hari, kondisi cuaca diprakirakan cerah, berawan, dan berkabut.

BMKG melaporkan peringatan dini terkait hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang sesaat pada malam hari di wilayah Lumajang. Untuk kondisi cuaca di seluruh wilayah perairan Jatim diprakirakan berawan.

Suhu udara di wilayah Jawa Timur dan sekitarnya, diprakirakan mencapai 14 hingga 33 derajat selsius dengan kelembapan udara 40 hingga 100 persen. Kondisi angin dominan dari arah tenggara ke timur dengan kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur sebesar 17 knot (31 kilometer per jam) dan Samudra Hindia Selatan Jatim sebesar 20 knots (37 kilometer per jam).

Ketinggian gelombang di laut di Selat Madura diprakirakan mencapai 0.2 hingga 0.8 meter. Sedangkan ketinggian gelombang di Laut Jawa bagian Timur mencapai 0.5 hingga 1.8 meter. BMKG juga memperingatkan untuk mewaspadai gelombang dengan ketinggian lebih dari 2.5 hingga di perairan selatan Jatim dan Samudra Hindia selatan Jatim.(put/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs