Kamis, 25 April 2024

Jawa Timur Borong Delapan Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim saat berkunjung ke salah satu desa wisata. Foto: Humas Pemprov Jatim

Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) memborong delapan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023, sebagaimana diumumkan Sandiaga Salahudin Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) secara daring.

Dalam Instagram @kemenparekraf.ri, Pemprov Jatim menduduki peringkat pertama ADWI 2023 dengan sebanyak delapan desa wisata terbaik.


“Alhamdulillah, dari total 75 desa wisata terbaik yang diumumkan ADWI 2023, delapan di antaranya dari Jatim,” kata Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim di Surabaya, Rabu (22/3/2023) dikutip Antara.

Delapan desa wisata terbaik peraih ADWI 2023 di Jatim adalah Desa Wisata Kampung Heritage Kajoetangan di Kota Malang, Desa Wisata Edelweiss Wonokitri (Kabupaten Pasuruan), Desa Wisata Kebangsaan Wonorejo (Situbondo) dan Desa Wisata Duren Sari Sawahan (Trenggalek).

Selain itu Desa Wisata Ketapanrame di Kabupaten Mojokerto, Desa Wisata Bira Tengah (Sampang), Desa Wisata Sendang (Pacitan) dan Desa Wisata Bowele (Kabupaten Malang).

Khofifah berharap anugerah tersebut bisa membantu percepatan pemulihan ekonomi dari sektor pariwisata. “Mudah-mudahan bisa mendukung tercapainya target kunjungan wisata ke Jatim mencapai 238 juta wisatawan di 2023,” ujarnya.

Sementara Hudiyono Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Jatim menjelaskan, dalam proses kurasi oleh Kemenparekraf semula terpilih sebanyak 49 desa wisata asal provinsi setempat yang dinyatakan lolos masuk 509 besar nasional.

Proses kurasi kemudian mengerucut menjadi 300 besar nasional, 29 di antaranya desa wisata asal Jatim. “Hingga akhirnya terpilih sebanyak delapan desa wisata terbaik dari Jatim yang meraih ADWI 2023,” katanya.

Hudiyono mengungkapkan capaian Pemprov Jatim tersebut merupakan yang tertinggi, dibanding penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya.

Pada tahun 2022 hanya empat desa wisata terbaik dari Jatim yang meraih ADWI, yakni Desa Wisata Pandean di Kabupaten Trenggalek, Desa Wisata Semen (Kabupaten Blitar), Desa Wisata Keris (Kabupaten Sumenep) dan Desa Wisata Tirta Agung (Kabupaten Bondowoso).

Sebelumnya di tahun 2021 Jatim menyumbang enam desa wisata terbaik, yakni Desa Wisata Tamansari di Banyuwangi, Desa Wisata Ranupani (Lumajang), Desa Wisata Serang (Kabupaten Blitar), Desa Wisata Kampung Majapahit Bejijong (Kabupaten Mojokerto), Desa Wisata Sanankerto (Kabupaten Malang) dan Desa Wisata Kampung Blekok (Situbondo).

Selain itu satu Desa Wisata yakni Pujon Kidul di Kabupaten Malang mendapatkan penghargaan khusus Mandiri Inspiratif. (ant/bil/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs