Minggu, 5 Mei 2024

Jelang Hari Pahlawan, Forkopimda Kota Surabaya Ziarah ke TMP Kusuma Bangsa

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya dan Armuji Wakil Wali Kota Surabaya ziarah makam pahlawan jelang 10 November, Kamis (9/11/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Seremonial sekaligus agenda rutin ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) kembali digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menjelang peringatan Hari Pahlawan 10 November 2023.

Jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Surabaya melakukan ziarah bersama seribu lebih nisan pahlawan bernama dan tak dikenal di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa, Kamis (9/11/2023).

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya menyebut, agenda ini akan tetap diselenggarakan untuk memuliakan dan mengenang perjuangan para pahlawan.

“Saya berpesan ke warga Indonesia dan khususnya Surabaya, agar semangat para pahlawan terus membara di hati arek Surabaya. Soekarno pernah bilang, perjuangannya lebih mudah melawan bangsa asing. Tapi perjuangan kalian (generasi muda) lebih sulit karena melawan bangsa sendiri,” ujarnya usai ziarah, Kamis (9/11/2023).

Sekaligus mengingat pesan pahlawan, termasuk Soekarno presiden pertama Indonesia yang pernah mewanti-wanti ancaman kehancuran negeri hanya karena perbedaan pendapat.

“Bukan pertempuran. Tapi perbedaan pendapat semuanya yang menyebabkan kehancuran negeri Indonesia ini sendiri,” imbuhnya.

Meski ia yakin kekhawatiran Soekarno tidak akan terjadi jika pemuda Surabaya bisa mendorong capaian-capaian target program.

“Saya yakin kekuatan arek Surabaya bisa membuat pemkot mengurangkan stunting, kemiskinan, pengangguran, itu karena perjuangan arek Surabaya,” jelasnya.

Cara paling mudah untuk memupuk rasa perjuangan, sambungnya, mengenang jasa pahlawan dihari besar.

“Hari ini kita contohkan dengan mengenang jasa pahlawan. Dengan mengenang jasa pahlawan, semangat itu akan membara di Kota Surabaya. Perjuangan kita masih ada selama masih ada kemiskinan, kebodohan, dan stunting,” tandasnya. (lta/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
31o
Kurs