Selasa, 30 April 2024

Jelang Mudik Lebaran, Dosen UM Surabaya Tekankan Pentingnya Jaga Imunitas Tubuh

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Ilustrasi berbuka puasa. Ilustrasi: Bram suarasurabaya.net

Jelang mudik lebaran yang menjadi tradisi masyarakat di penghujung bulan Ramadan, Ratna Agustin Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya, menekankan masyarakat terkait pentingnya menjaga imunitas tubuh.

Ratna mengatakan, hal pertama yang harus dilakukan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar kondisi tetap sehat dan prima, yakni dengan menata pola makan saat berbuka dan sahur.

Ia menyebut, dengan mengkonsumsi asupan gizi seimbang tubuh akan mendapatkan nutrisi yang baik sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan oleh tubuh.

“Asupan gizi seimbang ini harus memenuhi 5 asupan penting yakni karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin dan mineral, agar imunitas tubuh bisa berfungsi dengan baik, serta cairan yang cukup supaya tidak dehidrasi selama berpuasa,” ucapnya dalam keterangan yang diterima, Sabtu (15/4/2023).

Ia juga mengajak masyarakat untuk rutin berolahraga untuk membantu tubuh tetap fit dan bugar. Menurutnya, olahraga menjadi penyeimbang keluarnya energi, karena tubuh tidak hanya butuh asupan tetapi juga aktivitas fisik.

“Jika memang sudah terbiasa berolahraga di pagi hari, hindari intensitas olahraga yang berat karena dapat memicu dehidrasi dalam menjalankan puasa dan beraktivitas hingga waktunya berbuka. Lakukan olahraga dengan intensitas ringan seperti jalan santai, peregangan dan lain sebagainya. Sebaiknya melakukan olahraga sebelum sahur, sebelum berbuka, dan satu sampai dua jam setelah berbuka,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia menekankan pentingnya tidur yang cukup. Menurutnya, tidur yang cukup bukan persoalan kuantitas tetapi kualitas tidur, yakni tidur pada malam hari dengan kuantitas sekitar enam sampai delapan jam bagi orang dewasa akan lebih baik daripada tidur dengan kuantitas 10-12 jam pada siang hari.

“Jika akan mudik berangkat pagi, usahakan untuk tidak begadang atau tidur terlalu larut. Jika saat mengemudi di perjalanan merasa lelah, sebaiknya berhenti dan istirahat di jalan,” ujarnya.

Selain itu, ia juga menyarankan untuk mengonsumsi vitamin. Karena tegasnya, vitamin mampu menjaga daya tahan tubuh.

“Seseorang bisa mengkonsumsi vitamin C yang didapatkan secara alami dari buah dan sayur. Namun, jika merasa butuh asupan lebih, seseorang juga bisa mengonsumsi suplemen tambahan,” ucapnya.

Terakhir ia mengingatkan, agar ketika mudik, tidak lupa menyediakan obat-obatan pribadi.

“Khususnya jika seseorang memiliki riwayat penyakit yang mengharuskan mengonsumsi obat secara teratur, sebaiknya jangan lupa untuk dibawa ketika perjalanan mudik,” pungkasnya.(ris/abd/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
29o
Kurs