Jumat, 3 Mei 2024

Jemaah Haji 2023 Terakhir yang Dirawat di Arab Saudi Meninggal Dunia

Laporan oleh M. Hamim Arifin
Bagikan
Ilustrasi. Jemaah haji melakukan tawaf di Kota Suci Makkah. Foto: freepik

Jemaah Indonesia terakhir yang dirawat di rumah sakit (RS) Arab Saudi setelah berakhirnya operasional ibadah haji 1444 H/2023 M dinyatakan meninggal dunia pada Rabu (29/11/2023).

Mengutip laman Kemenag, nama jemaah tersebut adalah Legirah Sunar Sanaib, warga Kabupaten Jember Jawa Timur (Jatim). Legirah sebelumnya dirawat di RS Andalusia Jeddah dan merupakan pasien terakhir dari 77 orang lainnya saat musim ibadah haji selesai.

“Saat ini, sudah tidak ada lagi jemaah haji Indonesia yang dirawat di RS Arab Saudi. Terakhir, Ibu Legirah yang dirawat di RS Andalus Jeddah meninggal dunia,” kata Nasrullah Jasam Konsul Haji KJRI Jeddah.

Sekadar diketahui, masa operasional penyelenggaraan ibadah haji 1444 H/2023 M dinyatakan ditutup oleh Yaqut Cholil Qoumas Menteri Agama pada Sabtu, 5 Agustus 2023, ditandai dengan kedatangan 355 petugas haji dari Tanah Suci di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten.

Sehari sebelumnya, kelompok terbang (kloter) 88 asal Embarkasi Surabaya (SUB 88) menjadi rombongan jemaah terakhir yang tiba di Tanah Air.

Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) mencatat, ada 209.782 jemaah haji reguler asal Indonesia yang tiba di Arab Saudi. Dari jumlah itu, sebanyak 208.952 jemaah haji reguler telah kembali ke Tanah Air selama fase pemulangan (4 Juli-4 Agustus 2023).

Tercatat ada 773 jemaah haji wafat selama masa operasional, terdiri atas 752 jemaah haji reguler, 18 jemaah haji khusus, dan tiga jemaah haji furada. Sampai akhir masa operasional 4 Agustus 2023, ada 77 jemaah masih dirawat di RS Arab Saudi, dan satu jemaah yang hilang saat puncak haji.

“Sesuai arahan Menag, Kemenag melalui Kantor Urusan Haji (KUH) terus melakukan pendampingan terhadap jemaah yang sakit. Mereka yang secara medis bisa diterbangkan ke Tanah Air, kami proses kepulangannya,” ujar Nasrullah.

“Total ada 30 jemaah yang dirawat setelah operasional haji dapat diterbangkan pulang ke Tanah Air. Jemaah lainnya wafat di Arab Saudi dan yang terakhir adalah almarhumah Ibu Legirah. Jadi saat ini sudah tidak ada lagi jemaah haji Indonesia 1444 H yang dirawat di RS Arab Saudi,” sambungnya. (ham/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
26o
Kurs