Sabtu, 4 Mei 2024

Jenderal Agus Subiyanto Resmi Jabat Kepala Staf TNI AD Gantikan Jenderal Dudung

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jenderal TNI Agus Subiyanto KSAD memberikan keterangan usai dilantik Presiden, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (25/10/2023). Foto: Farid suarasurabaya.net

Jenderal TNI Agus Subiyanto, hari ini, Jumat (27/10/2023), resmi menjabat Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) sesudah upacara serah terima jabatan (sertijab), di Markas Besar TNI AD (Mabesad), Jakarta Pusat.

Upacara sertijab dari Jenderal TNI Dudung Abdurachman, dipimpin Laksamana TNI Yudo Margono Panglima TNI.

Dalam keterangannya sesudah upacara, Panglima TNI menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Jenderal TNI Dudung Abdurachman atas kinerjanya selama hampir dua tahun memimpin TNI AD.

Kemudian, Yudo juga berharap Jenderal Agus melanjutkan berbagai program kerja yang dibuat Jenderal Dudung.

“Kepada Jenderal TNI Agus Subiyanto untuk melanjutkan program-program kerja yang selama ini sudah dirancang, sudah disiapkan Jenderal Dudung. Sehingga, nanti pada tahun 2024 TNI sudah siap menghadapi Pemilu,” ujarnya.

Laksamana Yudo menegaskan, TNI harus netral supaya Pemilu 2024 berjalan lancar, aman, dan sejuk.

Di tempat yang sama, Jenderal TNI Agus Subiyanto mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan Joko Widodo Presiden RI.

Dia berjanji akan menjalankan tugas sebaik-baiknya demi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Terkait program kerja, Jenderal Agus bilang TNI Angkatan Darat punya berbagai program unggulan yang membantu program pemerintah seperti menanggulangi stunting, dan pengadaan sumber air bersih.

“Mungkin sekarang kekurangan air. Sudah beribu-ribu titik kami mengebor air. Akhirnya masyarakat bisa menikmati air walau cuacanya kemarau. Banyak juga program lain yang tentunya nanti akan saya lanjutkan,” ucapnya.

Menjelang Pemilu 2024, KSAD menyatakan komitmennya untuk menjaga netralitas.

“Tadi sudah disampaikan Panglima TNI, dan kami sudah menegaskan kepada seluruh prajurit untuk netral, tidak memihak satu pasangan calon,” tandasnya.

Seperti diketahui, Presiden melantik Agus Subiyanto sebagai Kepala Staf TNI AD hari Rabu (25/10/2023), di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Sebelumnya, dia pernah mengisi posisi strategis, seperti Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres), Pangdam Siliwangi, dan Wakil Kepala Staf TNI AD.(rid/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
26o
Kurs