Sabtu, 27 April 2024

Jepang, AS, Korsel Luncurkan Sistem untuk Berbagi Info Rudal Korut

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Suasana kegiatan yang dilaporkan Kantor Berita Sentral Korea Utara (KCNA) sebagai uji coba penembakan rudal hipersonik di lokasi yang dirahasiakan di Korea Utara, pada Rabu (5/1/2022). Foto: Antara

Jepang, Amerika Serikat, dan Korea Selatan pada Sabtu (3/6/2023) sepakat akan meluncurkan sebuah sistem untuk berbagi informasi tentang rudal Korea Utara yang aktual pada akhir tahun 2023. Kesepakatan ini dibuat setelah uji coba rudal balistik yang berulang kali dilakukan Pyongyang.

Yasukazu Hamada Menteri Pertahanan Jepang, Menhan AS Lloyd Austin, dan Lee Jong Sup Menhan Korsel merilis pernyataan ini setelah pembicaraan di sela konferensi tingkat tinggi (KTT) Keamanan Asia (Asia Security Summit) di Singapura, Juni tahun lalu.

Sistem berbagi informasi yang direncanakan akan memungkinkan ketiga negara untuk mendeteksi dan melacak proyektil yang ditembakkan oleh Korut dengan lebih akurat dan cepat, dan akan menjadi “langkah besar untuk pencegahan, perdamaian, dan stabilitas,” kata pernyataan tersebut seperti dikutip Antara dari Kyodo-OANA.

Para menteri juga berjanji untuk mengadakan latihan pertahanan rudal tiga arah, di samping latihan anti-kapal selam, secara teratur sebagai tanggapan atas tindakan Korut, serta bertindak sebagai pencegahan.

Jepang dan Korsel akan berbagi informasi secara aktual melalui Amerika Serikat, karena dua sekutu keamanan AS di Asia Timur tidak memiliki mekanisme komunikasi langsung.

Washington memiliki sistem yang terhubung dengan Tokyo dan Seoul secara individual untuk melacak rudal Pyongyang dari waktu peluncuran hingga saat tumbukan.

Kerangka yang dipertimbangkan “akan meningkatkan kemampuan masing-masing negara untuk mendeteksi dan menilai ancaman rudal Korea Utara,” kata Hamada kepada wartawan setelah pertemuan trilateral.

Hamada menambahkan bahwa rincian terkait hal tersebut sedang dikerjakan.

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, Presiden AS Joe Biden, dan Presiden Korsel Yoon suk Yeol sepakat dalam sebuah pertemuan di Kamboja pada November tahun lalu untuk dapat berbagi data peringatan rudal Korut secara aktual.

Para menhan negara-negara tersebut mengadakan pembicaraan setelah peluncuran satelit pengintaian militer Korut gagal pada hari Rabu.

Ketiga negara mengatakan operasi tersebut kemungkinan akan menggunakan teknologi rudal balistik, yang melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB.

KCNA, kantor berita resmi Korut, mengatakan bahwa “cacat serius” muncul di mesin roket yang membawa satelit setelah peluncuran, dan mengakui bahwa roket tersebut terbang tidak normal.

Pyongyang telah berjanji untuk melakukan upaya lain “sesegera mungkin,” dan peluncuran yang telah diumumkan sebelumnya dari 31 Mei hingga 11 Juni belum dinyatakan berakhir, sehingga membuat Tokyo, Washington, dan Seoul tetap mewaspadai kemungkinan peluncuran lebih lanjut.

Selama pembicaraan, Austin menegaskan kembali “komitmen aliansi yang teguh” negaranya untuk Jepang dan Korsel, yang “didukung oleh berbagai kemampuan AS, termasuk nuklir,” menurut pernyataan tersebut.

Sejak awal tahun lalu, Korut telah sering melakukan uji coba rudal, dengan kekhawatiran yang tersisa bahwa Korut bersiap untuk melakukan uji coba nuklir ketujuh, yang pertama sejak September 2017.

Ketiga negara telah meningkatkan kerja sama keamanan mereka dengan latar belakang pemulihan hubungan baru-baru ini antara Jepang dan Korsel setelah Yoon menjabat pada Mei tahun lalu.

Selain Korut, tiga menhan menegaskan kembali pentingnya perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan, di mana aktivitas militer China semakin intensif, dan menyatakan penolakan keras mereka terhadap setiap upaya sepihak untuk mengubah status quo melalui kekerasan atau paksaan.

Pada Sabtu juga digelar pertemuan trilateral antara Hamada dan Austin dengan Richard Marles Menhan Australia di Singapura, guna meningkatkan jumlah latihan bersama yang dilakukan oleh pasukan mereka, serta memperluas kegiatan mereka, menurut pernyataan bersama.(ant/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
27o
Kurs