Rabu, 1 Mei 2024

JMS 2023 Jadi Ajang Penting Sekaligus Networking Bagi Para Pengelola Media Lokal

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Microsite Jatim Media Summit 2023. Foto: Tangkapan Layar

Dalam hitungan hari, Jatim Media Summit (JMS) 2023 akan siap digelar di Whiz Luxe Hotel Spazio Surabaya pada 24-25 Mei 2023.

Ajang JMS 2023 yang diinisiasi Beritajatim.com bersama Suara.com didukung International Media Support (IMS) itu akan dihadiri kurang lebih 100 pengelola media lokal se-Jawa Timur dan sekitarnya.

Nantinya, forum “Kolaborasi Media Lokal Jawa Timur Menembus Batas untuk Naik Kelas” ini akan mempertemukan berbagai pihak, mulai dari platform global, agensi periklanan nasional, agensi periklanan programatik, praktisi teknologi informasi, dan para CEO pelaku industri media lokal.

Tak ketinggalan, ada juga dari media segmen khusus dan media nasional, lembaga donor, pakar marketing, perguruan tinggi, BUMN, lembaga pemerintah dan lain-lain.

Suwarjono, CEO PT Arkadia Digital Media Tbk menggarisbawahi pentingnya ajang ini bagi media-media lokal khususnya di Jawa Timur.

Ia menjelaskan, dengan ribuan media digital yang tumbuh di Jawa Timur, hanya sebagian kecil yang memiliki model bisnis yang jelas. Bahkan, ia menambahkan, hampir belum ada yang benar-benar menonjol secara nasional.

“Padahal kita tahu, daerah Jawa Timur memiliki sejarah panjang dan kuat di dunia pers dan jurnalisme sejak sebelum era digital, antara lain misalnya era media cetak berjaya, ada media konvensional berbasis cetak dari Jawa Timur menjadi media nasional,” tutur Suwarjono dalam keterangan resmi, Sabtu (20/5/2023).

Dirinya juga mengingatkan, kegiatan JMS 2023 ini mestinya tidak dilewatkan oleh para pengelola media lokal di Jatim dan sekitarnya.

Hal itu dikarenakan akan ada sharing pengetahuan hingga tips-tips teknis yang bisa didapat. Bahkan Suwarjono menegaskan, nantinya ajang ini bisa menjadi wadah untuk berkembang dan berkolaborasi, baik dengan sesama media maupun dengan stakeholders lain.

Pemimpin Redaksi Suara.com itu juga menyatakan bahwa pertemuan ini nantinya juga diharapkan bisa menjadi awal bagi media di Jawa Timur untuk naik kelas.

Di lain sisi, Dwi Eko Lokononto CEO Beritajatim.com menyatakan bahwa pihaknya selaku penyelenggara bersama Suara.com, dan dengan dukungan IMS, siap memastikan event ini terselenggara maksimal.

Dalam hal ini, harapan utamanya adalah akan banyaknya manfaat, tidak saja pengetahuan namun juga manfaat langsung yang bisa diperoleh peserta media-media lokal dari kegiatan ini.

Untuk diketahui, ajang JMS 2023 akan berisi rangkaian kegiatan yang terdiri dari dua conference atau diskusi panel, beberapa talkshow, workshop, hingga coaching clinic dan networking.

Topik yang diketengahkan pun beragam, mulai dari seputar kondisi kekinian dan masa depan media lokal, peluang bisnis, hingga aspek-aspek khusus seperti manajemen, pendanaan, model bisnis, konten dan distribusi, teknologi, serta revenue termasuk dari iklan digital dan lain-lain.

Saat ini, JMS 2023 masih membuka kesempatan bagi para pengelola maupun personel media-media lokal yang belum terdaftar, untuk mendaftarkan diri mengikuti kegiatan ini.

Namun dengan jumlah peserta yang terdaftar saat ini, jumlah yang masih akan diterima pendaftarannya mungkin akan dibatasi.

Sejumlah pembicara penting dan pemateri kenamaan pun mengisi rangkaian kegiatan JMS 2023 ini. Di antaranya adalah Sapto Anggoro (dari Dewan Pers), Ajar Edi (Microsoft Indonesia), Amir Suherlan (Dentsu/Wavemaker Indonesia), Yuswohady (Inventure), Heru Tjatur (MNC/ICT Watch), Then Triyadi (Huawei Cloud), serta Aliefah Permata Fikri (MGID).

Tidak ketinggalan, akan hadir pula berbagi pengetahuan Eva Danayanti (International Media Support) dan Asep Saefullah (Suara), Subagja Hamara (Harapan Rakyat), Dimas Sagita (Suara.com/Nexus), Iramdani (Arkadia Production).

Serta, tak ketinggalan, para pembicara sesi conference kedua yakni Sherlita Agustin (Kadiskominfo Jatim), Arief Rahman (AMSI Jatim), Arya Dwi Paramita (Pertamina), dan Dwi Setyawan (FTMM Unair).

Selain itu, kegiatan ini mendapatkan dukungan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur, bersama dengan Diskominfo Jawa Timur dan Universitas Airlangga (Unair), serta dukungan dari berbagai pihak lain termasuk swasta. (ihz/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 1 Mei 2024
26o
Kurs