Jumat, 19 April 2024

Jokowi Berharap Hari Raya Nyepi Tahun Ini Memberikan Kebahagiaan dan Kedamaian

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Ucapan Hari Raya Nyepi dari Jokowi Presiden lewat Instagram @jokowi, Rabu (22/3/2023).

Joko Widodo Presiden, mengucapkan selamat Hari Raya Nyepi 2023 Tahun Baru Çaka 1945 yang bertepatan hari ini, Rabu (22/3/2023), buat Umat Hindu di seluruh Tanah Air.

Lewat media sosial, Presiden mengajak Umat Hindu berserah diri dalam hening. Jokowi berharap, Hari Raya Nyepi tahun ini memberikan kebahagiaan dan kedamaian.

“Selamat Hari Raya Nyepi 2023. Semoga Hari Raya Nyepi tahun ini memberikan kebahagiaan dan kedamaian,” ujarnya lewat akun Instagram @jokowi.

Sekadar informasi, Hari Raya Nyepi Nasional Tahun 2023 mengusung tema Melalui Dharma Agama dan Dharma Negara, Kita Sukseskan Pesta Demokrasi Indonesia.

Memasuki tahun politik, Yaqut Cholil Qoumas Menteri Agama mengimbau seluruh Umat Hindu Indonesia menghindari politik identitas.

Pernyataan itu disampaikan Menteri Agama, dalam ritual Tawur Agung Kesanga menyambut Tahun Baru Saka 1945, Selasa (21/3/2023), di Pelataran Candi Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta.

Menurutnya, tema Hari Raya Nyepi Nasional tahun ini juga mengajak Umat Hindu menjalankan kewajibannya sebagai umat beragama dan warga negara, termasuk menyukseskan Pemilu 2024.

Lebih lanjut, Yaqut bilang perayaan Nyepi merupakan momen untuk melakukan kontemplasi dan introspeksi diri mengenai tata laku yang sudah dilakukan tahun-tahun sebelumnya.

Dia berharap melalui Catur Brata Penyepian, Umat Hindu bisa terus meningkatkan kualitas diri dalam hubungan dengan Tuhan, sesama anak bangsa, serta hubungan baik dengan lingkungan.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs