Selasa, 14 Mei 2024

Jokowi Dorong Kolaborasi Anggota ASEAN untuk Memberantas Kejahatan Lintas Negara

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan

Joko Widodo Presiden RI menekankan pentingnya kolaborasi antarnegara Anggota ASEAN untuk memberantas berbagai macam kejahatan transnasional, khususnya di kawasan Asia Tenggara.

Pernyataan tersebut disampaikan Presiden, siang hari ini, Senin (21/8/2023) lewat rekaman video yang ditayangkan pada acara pembukaan ASEAN Ministerial Meeting on Transnational Crime ke-17, di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Menurut Jokowi, negara-negara ASEAN harus selalu siap menghadapi tantangan pemberantasan kejahatan transnasional, di tengah dinamika global yang penuh ketidakpastian.

Apalagi, pola tindak kejahatan terus berkembang dan menjadi ancaman serius keamanan serta stabilitas kawasan.

“Kejahatan lintas negara yang semakin marak seiring perkembangan teknologi, antara lain terorisme, perdagangan orang, dan peredaran gelap narkotika,” ujarnya.

Maka dari itu, Jokowi mengingatkan perlunya membangun kolaborasi berkelanjutan, melakukan pertukaran informasi, memanfaatkan teknologi serta meningkatkan kapabilitas dan profesionalitas aparat penegak hukum.

Lebih lanjut, RI 1 berharap ASEAN Ministerial Meeting on Transnational Crime yang dihadiri kepala kepolisian atau menteri terkait dari 10 negara ASEAN menghasilkan kesepakatan kerja sama antarnegara.

Dalam forum itu, rencananya ada penandatanganan nota kesepahaman pemberantasan kejahatan transnasional antara Indonesia dengan enam negara ASEAN, yaitu Kamboja, Laos, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Puncaknya, ada pernyataan bersama hasil kesimpulan berbagai pertemuan serta deklarasi sikap bersama yang akan diimplementasikan pascapertemuan di Labuan Bajo.(rid/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 14 Mei 2024
32o
Kurs