Jumat, 10 Mei 2024

Jokowi Lepas 51,5 Ton Bantuan Kemanusiaan Indonesia untuk Palestina

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Bantuan Pemerintah RI ke Palestina berisi 51,5 ton berupa bahan makanan, alat medis, selimut, tenda dan barang-barang logistik lainnya. Foto : istimewa

Joko Widodo (Jokowi) Presiden melepas bantuan kemanusiaan Indonesia untuk rakyat Palestina, yang dikirim dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (4/11/2023).

Dalam pelepasan bantuan ke Palestina ini, Jokowi didampingi sejumlah menteri di antaranya Retno Marsudi Menteri Luar Negeri Pratikno Menteri Sekretaris Negara dan Prabowo Subianto Menteri Pertahanan RI.

Tiba di Lanud Halim Perdanakusuma pada pukul 08.43 WIB Presiden bersama para menterinya langsung menyapa Zuhair Al Shun Duta Besar Palestina untuk Indonesia.

“Alhamdulillah, pada pagi hari ini, bantuan Indonesia untuk rakyat Palestina akan segera di berangkatkan menuju ke Bandara El Arish, Mesir, kemudian akan diteruskan dan dilanjutkan ke Gaza,” ungkap Jokowi.

Kata Jokowi, bantuan yang dikirim hari ini merupakan bantuan tahap pertama dan dibawa dengan menggunakan 3 pesawat, 2 di antaranya pesawat Hercules C-130 milik TNI AU dengan tail number A-1327 dari Skuadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta dan Hercules A-1328 yang sehari-hari dioperasionalkan oleh Skuadron Udara 32 Lanud Abdulrachman Saleh Malang.

“Pengiriman hari ini berisi 51,5 ton bantuan yang berupa bahan makanan, alat medis, selimut, tenda dan barang-barang logistik lainnya yang telah disesuaikan dengan kebutuhan di Gaza,” sambung Jokowi.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi kembali menegaskan pengiriman bantuan kemanusiaan ini menjadi wujud solidaritas dan kepedulian bangsa Indonesia.

“Karena tragedi kemanusiaan yang ada di Gaza tidak dapat diterima dan harus sesegera mungkin dihentikan,” kata Presiden.

“Saya ingin menekankan kembali bahwa Indonesia akan terus bersama perjuangan bangsa Palestina,” tegasnya.

Pesawat-pesawat yang dikerahkan oleh pemerintah Indonesia akan membawa puluhan ton bantuan kemanusiaan itu menuju Bandara El Arish, Mesir, yang lokasinya paling dekat dengan Gaza.

Dari bandara tersebut, bantuan kemudian akan diserahkan kepada Bulan Sabit Merah Mesir untuk selanjutnya disalurkan ke Gaza melalui dua badan kemanusiaan yang beroperasi di Gaza, yaitu badan PBB untuk pengungsi Palestina (UNRWA) dan Komite Internasional Palang Merah (ICRC).(faz/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 10 Mei 2024
32o
Kurs