Senin, 17 Juni 2024

Jokowi Menuju Arab Saudi untuk Serukan Gencatan Senjata di Gaza

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Kiri-Kanan: Zulkifli Hasan Menteri Perdagangan, Jokowi Presiden, Laksamana Yudo Margono Panglima TNI, dan Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo Kapolri waktu jumpa pers di Ruang VIP Bandar Udara Internasional Juanda, Jumat (11/10/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Joko Widodo Presiden Republik Indonesia terbang menuju ke Riyadh, Arab Saudi pada Jumat (10/11/2023) malam. Presiden dijadwalkan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerjasama Islam (OKI).

Agenda kunjungan ke Arab Saudi yang akan dihadiri delegasi terbatas itu, kata Jokowi akan membahas mengenai situasi di Gaza, Palestina. Dengan tujuan untuk menghentikan serangan Israel.

“KTT ini sangat penting artinya sebagai upaya tambahan untuk menghentikan serangan Israel atas Bangsa Palestina,” kata Jokowi di Ruang VIP Bandar Internasional Juanda, Jumat (10/11/2023) malam.

Presiden RI bersama sejumlah delegasi OKI itu akan mempertegas dan mendorong supaya kedua belah pihak sepakat melakukan gencatan senjata supaya tidak memperbanyak jatuhnya korban.

“Saya akan pertegas seruan agar gencatan senjata dapat segera dilakukan dan bantuan kemanusiaan dapat diperbesar,” imbuh Jokowi.

Kemudian dari KTT OKI di Riyadh, Arab Saudi, RI I melanjutkan perjalanan ke Washington DC, Amerika Serikat (AS) pada 12 November 2023 untuk bertemu dengan Joe Biden Presiden AS.

Jokowi menyatakan, pertemuan dengan Joe Biden merupakan kesempatan yang baik untuk melakukan diplomasi terhadap kondisi di Jalur Gaza.

“Kunjungan ini akan merupakan kesempatan baik untuk menyuarakan posisi tegas Indonesia mengenai Gaza dengan Presiden Joe Biden,” tegasnya.

Tidak berhenti sampai di Washington DC, Jokowi melanjutkan kunjungan kerja ke Sam Fransisco untuk menghadiri KTT APEC (Asia Pacific Economic Cooperation). Untuk membahas isu pembangunan berkelanjutan dan inklusif.

“Pembangunan inklusif dan berkelanjutan merupakan dua isu yang akan dibawa Indonesia dalam KTT APEC,” jelasnya.

Jokowi mengatakan, di sela KTT APEC rombongannya akan melakukan pertemuan bilateral dan pertemuan dengan kalangan bisnis di San Faransisco.

“Saya dan rombongan InsyaAllah akan meninggalkan San Francisco 17 November setelah KTT selesai dan kembali ke tanah air,” pungkas Presiden.

Dari pantauan suarasurabaya.net, Jokowi bersama Iriana Jokowi terbang menuju ke Arab Saudi sekitar pukul 22.30 WIB melalui Terminal I Bandar Udara Internasional Juanda.

Kemudian para pejabat yang mendampingi keberangkatan Jokowi dan rombongan antara lain, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo Kapolri, Laksamana Yudo Margono Panglima TNI, Zulkifli Hasan Menteri Perdagangan, Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak Wagub Jatim, Irjen Imam Sugianto Kapolda Jatim, dan Dito Ariotedjo Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI). (wld/saf/iss)

Berita Terkait

..
Surabaya
Senin, 17 Juni 2024
29o
Kurs