Jumat, 29 Maret 2024

Jokowi Minta Anwar Ibrahim Berikan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia di Malaysia

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden RI menerima kunjungan Anwar Ibrahim PM Malaysia, Senin (9/1/2023), di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden RI, hari ini, Senin (9/1/2022), menerima kunjungan kenegaraan Anwar Ibrahim Perdana Menteri Malaysia, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Salah satu isu krusial yang dibahas kedua kepala pemerintahan dalam pertemuan bilateral itu adalah pekerja migran.

Dalam keterangan pers bersama, Jokowi meminta Anwar Ibrahim memperhatikan perekrutan dan penempatan pekerja migran Indonesia, di Malaysia.

Presiden RI berharap sistem penempatan satu kanal atau one channel system yang diterapkan untuk merekrut dan menempatkan pekerja berjalan efektif.

Sehingga, tidak ada masalah ketenagakerjaan yang merugikan pekerja migran, dan berpotensi mengganggu hubungan erat Indonesia-Malaysia.

“Saya menyambut baik komitmen Perdana Menteri Dato Sri Anwar Ibrahim dalam memberikan perlindungan bagi Pekerja Migran Indonesia. Saya sangat berharap One Channel System untuk perekrutan dan penempatan pekerja migran Indonesia benar-benar bisa kita jalankan bersama,” ucapnya.

Lebih lanjut, RI 1 juga mengingatkan PM Malaysia tentang urgensi pembangunan community learning center di Semenanjung Malaysia.

Menurut Jokowi, pusat pembelajaran sangat penting untuk memenuhi hak pendidikan anak-anak Pekerja Migran Indonesia.

Pada kesempatan itu, Anwar Ibrahim bilang kedua negara harus bersama-sama mengupayakan solusi menyeluruh persoalan tenaga kerja migran.

Berdasarkan laporan Bank Indonesia, jumlah Pekerja Migran Indonesia per kuartal III tahun 2022 mencapai 3,37 juta orang.

Dari jumlah tersebut, sebagian besar atau 1,64 juta orang Pekerja Migran Indonesia berada di Malaysia.

Sedangkan sisanya tersebar di Arab Saudi, Hong Kong, Taiwan, Singapura, Yordania, Uni Emirat Arab, dan negara lainnya.

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
29o
Kurs