Sabtu, 4 Mei 2024

Jokowi Presiden Hadiri KTT G7 di Hiroshima Jepang

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Joko Widodo Presiden tiba di Hiroshima, Jepang pada Jumat (19/5/2023) untuk memenuhi undangan Pemerintah Jepang, menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7. Foto: KBRI Tokyo

Joko Widodo Presiden bersama Iriana Joko Widodo ibu negara tiba di Hiroshima, Jepang pada Jumat (19/5/2023) untuk memenuhi undangan Pemerintah Jepang, menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 dengan negara-negara mitra atau disebut dengan G7 Outreach Summit 2023.

Turut menyambut di Bandara Hiroshima adalah Kenji Yamada Wakil Menteri Luar Negeri Jepang, Hidehoki Yuzaki Gubernur Prefektur Hiroshima, Kazumi Matsui Walikota Hiroshima, Takehiro Shimada Kepala Protokol Negara Jepang, dan Heri Akhmadi Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang. Presiden RI tiba di bandara Hiroshima pada pukul 17.45 waktu setempat dengan menggunakan pesawat Kepresidenan Indonesia.

Dubes Heri Akhmadi mengatakan kehadiran Presiden Jokowi dalam KTT G7 ini bernilai strategis tidak hanya bagi Indonesia tetapi juga untuk negara-negara ASEAN.

“Undangan pada KTT G7 ini merupakan suatu kehormatan bagi Indonesia dan bagian momentum penting presidensi Indonesia di ASEAN. Jepang tidak hanya mitra erat Indonesia tetapi juga mitra erat ASEAN,” ujar Dubes Heri melalui siaran pers KBRI Tokyo.

“Selain merayakan 65 tahun Indonesia-Jepang, tahun 2023 juga menandai kepemimpinan Indonesia dan Jepang di kawasan. Indonesia adalah Ketua ASEAN, dan Jepang adalah Ketua G7. Keduanya merupakan organisasi dunia yang kuat dan berpengaruh dalam perpolitikan dan perekonomian dunia,” tambah Dubes Heri.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dan Ibu Iriana dalam penerbangan menuju Jepang di antaranya Luhut Binsar Pandjaitan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinves) serta Pramono Anung Sekretaris Kabinet (Seskab).

Sejumlah isu akan disampaikan Presiden dalam forum KTT G7 ini, di antaranya hasil dari KTT ke-42 ASEAN yang berlangsung di Labuan Bajo pada 10-11 Mei 2023. Presiden juga akan membahas berbagai hal di antaranya permasalahan global seperti perubahan iklim, pangan, energi, dan lainnya. Presiden Joko Widodo memastikan Indonesia ingin berkontribusi pada bidang-bidang tersebut.(iss/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
28o
Kurs