Senin, 29 April 2024

Jokowi Presiden Klaim 161 PSN Rampung dan Menyerap 11 Juta Tenaga Kerja

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden memberikan arahan pada acara peringatan Sewindu Proyek Strategis Nasional, Rabu (13/9/2023), di Mal Kota Kasablanka, Jakarta. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden mengungkapkan sejumlah capaian positif pemerintah terkait Proyek Strategis Nasional (PSN) selama  delapan tahun berjalan.

Menurutnya, ada sebanyak 161 dari total 210 PSN yang sudah selesai pembangunannya. PSN yang sudah rampung tersebut mampu menyerap sekitar 11 juta tenaga kerja.

Pernyataan itu disampaikan Presiden, Rabu (13/9/2023), dalam acara peringatan Sewindu Proyek Strategis Nasional, yang berlangsung di Mal Kota Kasablanka, Jakarta.

“Dalam delapan tahun terakhir, Proyek Strategis Nasional yang besar-besar telah diselesaikan 161 PSN dan menyerap tenaga kerja 11 juta orang,” ujarnya.

Kemudian, RI 1 menyebut kehadiran infrastruktur PSN mampu mendongkrak daya saing Indonesia di level internasional.

Hal tersebut terlihat dari meningkatnya peringkat daya saing Indonesia dalam IMD World Competitiveness Index dari peringkat 44 menjadi peringkat 34 tahun 2022.

Kenaikan peringkat Indonesia, lanjut Jokowi, tercatat sebagai yang tertinggi di dunia. Salah salah satu faktor pendukungnya adalah proyek infrastruktur banyak yang terselesaikan.

Lebih lanjut, Kepala Negara mendorong supaya PSN lain bisa segera selesai paling lambat semester I tahun 2024.

Mantan Gurbernur DKI Jakarta itu menginstruksikan jajarannya mengecek detail dan mengawasi pembangunannya, supaya PSN tidak berhenti atau bahkan mangkrak.

“Jangan sampai ada yang mangkrak, cek betul, teliti betul, akar masalahnya apa kalau ada masalah, beri tenggat waktu, targetnya juga harus jelas kapan,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, Jokowi mengingatkan jajarannya mencari solusi inovatif untuk menyelesaikan persoalan pembangunan PSN di lapangan.

RI 1 mewanti-wanti supaya aparat kepolisian tidak menggunakan pendekatan represif kepada masyarakat, karena PSN bertujuan memberikan banyak manfaat buat masyarakat.

“Selalu saya ingatkan, jangan justru malah menggunakan pendekatan-pendekatan yang represif kepada masyarakat. Masyrakat itu kalau ada ganti rugi itu senang, itu yang saya inginkan. Bukan ganti rugi tapi ganti untung karena memang harga yang diberikan adalah harga yang terbaik karena berulang kali saya tekankan, PSN ini tujuannya memberi manfaat untuk rakyat, bukan justru sebaliknya menderitakan masyarakat,” tandasnya.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
31o
Kurs