Selasa, 30 April 2024

Jokowi Presiden Lantik 12 Dubes RI untuk Negara-Negara Sahabat

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden memandu pengucapan sumpah/janji jabatan 12 orang Dubes LBBP RI untuk negara-negara sahabat, Senin (26/6/2023), di Istana Negara, Jakarta. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden RI, hari ini, Senin (26/6/2023) melantik 12 orang Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (Dubes LBBP) RI untuk negara-negara sahabat, di Istana Negara, Jakarta.

Prosesi pelantikan diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Lalu, pembacaan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 51/P dan Nomor 55/P Tahun 2023 tentang Pengangkatan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia.

Selanjutnya, Kepala Negara memimpin pembacaan sumpah jabatan.

“Bahwa saya untuk diangkat menjadi duta besar luar biasa dan berkuasa penuh akan setia kepada UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada Bangsa dan Negara,” ucap Jokowi yang diikuti para peserta pelantikan.

Mereka yang dilantik yaitu Teuku Faizasyah sebagai Duta Besar RI untuk Kerajaan Norwegia merangkap Islandia yang berkedudukan di Oslo.

Berikutnya, Michael Trias Kuncahyono sebagai Duta Besar RI untuk Takhta Suci, berkedudukan di Vatikan. Achmad Rizal Purnama, sebagai Duta Besar RI untuk Republik Turkiye, berkedudukan di Ankara.

Kemudian, Arief dilantik sebagai Duta Besar RI untuk Ukraina merangkap Republik Armenia dan Georgia, berkedudukan di Kiev.

Achmad Ubaedillah sebagai Duta Besar RI untuk Brunei Darussalam, berkedudukan di Bandar Seri Begawan, dan Santo Darmosumarto sebagai Duta Besar RI untuk Kerajaan Kamboja yang berkedudukan di Phnom Penh.

Kemudian, Grata Endah Werdaningtyas sebagai Duta Besar RI untuk Republik Demokratik Rakyat Laos yang berkedudukan di Vientiane.

I Gede Ngurah Swajaya sebagai Duta Besar RI untuk Konfederasi Swiss merangkap Kepangeranan Liechtenstein, berkedudukan di Bern.

Dupito Dorma Simamora sebagai Duta Besar RI untuk Republik Fiji merangkap Republik Kiribati, Republik Nauru dan Tuvalu, berkedudukan di Suva.

Meidyatama Suryodiningrat dilantik sebagai Duta Besar RI untuk Rumania merangkap Republik Moldova, berkedudukan di Bucharest.

Ricky Suhendar sebagai Duta Besar RI untuk Republik Peru, merangkap Negara Plurinasional Bolivia, berkedudukan di Lima.

Terkahir, Saud Purwanto Krisnawan sebagai Duta Besar RI untuk Republik Afrika Selatan merangkap Republik Botswana, Kerajaan Lesotho, Kerajaan Eswatini, dan Southern African Development Community, berkedudukan di Pretoria.

Acara pelantikan ditutup dengan pemberian ucapan selamat kepada para duta besar dari Presiden, diikuti Wakil Presiden, dan para tamu undangan.

Hadir dalam acara pelantikan mendampingi Jokowi Presiden antara lain Retno Marsudi Menteri Luar Negeri, dan Pratikno Menteri Sekretaris Negara.(rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
26o
Kurs