Minggu, 28 April 2024

Jokowi Presiden Lantik Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden RI menyematkan pangkat dalam agenda pelantikan Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI, di Istana Negara Jakarta, Rabu (22/11/2023). Foto: Antara Joko Widodo Presiden RI menyematkan pangkat dalam agenda pelantikan Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI, di Istana Negara Jakarta, Rabu (22/11/2023). Foto: Antara

Joko Widodo Presiden, pagi hari ini, Rabu (22/11/2023), melantik Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI, di Istana Negara, Jakarta.

Sebelum prosesi pengucapan sumpah jabatan, Laksamana Muda TNI Hersan Sekretaris Militer Presiden membacakan keputusan presiden tentang pemberhentian dengan hormat Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Panglima TNI.

Lalu, disambung dengan pembacaan keputusan presiden tentang pengangkatan Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI.

Selanjutnya, Jokowi Presiden memandu pengucapan sumpah jabatan yang diikuti Jenderal Agus Subiyanto.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundangan dengan selurus-lurusnya. Demi darma bakti saya kepada Bangsa dan Negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab, bahwa saya akan menjunjung tinggi Sumpah Prajurit,” ucapnya.

Seperti diketahui, Joko Widodo Presiden mengusulkan Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI untuk menggantikan Laksamana TNI Yudo Margono yang sebentar lagi purna tugas.

Merespons usulan itu, Senin (13/11/2023), Komisi I DPR RI melakukan fit and proper test. Hasilnya, seluruh fraksi di DPR memberikan persetujuan.

Di rapat paripurna yang merupakan forum tertinggi DPR, Selasa (21/11/2023), semua anggota dewan juga setuju Jenderal Agus Subiyanto lulusan Akademi Militer 1991 jadi Panglima TNI.

Sebelumnya, dia pernah mengisi sejumlah posisi strategis, seperti Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres), Pangdam Siliwangi, dan Kepala Staf TNI AD.(rid/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
31o
Kurs