Jumat, 10 Mei 2024

Jokowi Presiden Lepas Bantuan Kemanusiaan Kloter Kedua untuk Rakyat Palestina

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan

Joko Widodo Presiden RI, pagi hari ini, Senin (20/11/2023), melepas secara simbolis bantuan dari Indonesia untuk Rakyat Palestina yang tengah menderita karena serangan Israel.

Sebanyak 21 ton bantuan berupa obat-obatan, perlengkapan rumah sakit, makanan, dan keperluan lain yang dibutuhkan masyarakat di Gaza, diangkut dua unit pesawat yang berangkat dari Pangkalan Udara Militer Halim Perdanakusumah, Jakarta.

Presiden bilang, bantuan senilai Rp31,9 miliar itu bersumber dari pemerintah dan sejumlah perusahaan serta masyarakat, antara lain PT Paragon Technology and Innovation, Indonesia Humanitarian Alliance, Kita Bisa, dan Baznas.

Bantuan tersebut nantinya diturunkan di Al Arish, Mesir, lalu dibawa ke perbatasan Rafah, kemudian disalurkan ke Gaza.

“Selain bantuan kemanusiaan, Indonesia akan terus memberikan dukungan politik bagi Palestina. Sekali lagi saya tegaskan Indonesia akan terus bersama mendukung perjuangan bangsa Palestina,” ujar Jokowi.

Sebelumnya, tanggal 4 November 2023, Indonesia mengirim 51,5 ton bantuan berupa alat kesehatan dan makanan untuk Warga Palestina di Gaza.

Bantuan kloter pertama itu diserahterimakan ke Bulan Sabit Merah Mesir, kemudian diteruskan ke Badan PBB untuk Pengungsi Palestina, dan disalurkan kepada warga yang terdampak konflik.

Sekadar informasi, dari hari pertama Militer Israel membombardir Gaza tanggal 7 Oktober 2023 sampai sekarang, lebih dari 12 ribu Warga Palestina meninggal dunia, kebanyakan perempuan dan anak-anak.

Aksi biadab Israel juga mengakibatkan lebih dari 30 ribu orang Warga Palestina terluka, dan kehilangan tempat tinggal. (rid/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 10 Mei 2024
32o
Kurs