Minggu, 14 April 2024

Jokowi Presiden Pastikan Kebenaran Jalanan Rusak di Lampung yang Viral

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Joko Widodo Presiden RI (kiri) memberikan keterangan kepada awak media di sela-sela kunjungan ke Mal Sarinah, Jakarta Pusat, Kamis (4/5/2023). Foto: Antara

Joko Widodo Presiden RI mengaku ingin memastikan kebenaran banyaknya jalanan rusak di Lampung yang videonya viral di dunia maya, dan berencana melakukan kunjungan kerja ke provinsi itu, Jumat (5/52023) hari ini.

“Saya ingin memastikan, mau lihat betul apa enggak yang ada di video. Apakah yang ada di media itu benar atau enggak benar,” kata Jokowi kepada awak media di Mal Sarinah, Jakarta Pusat, Kamis (4/5/2023) kemarin dikutip Antara.

Presiden menyatakan pemerintah saat ini tengah memulai upaya mengumpulkan data-data mengenai jalan-jalan kabupaten/kota, serta jalan-jalan provinsi yang rusak parah.

Kepala Negara meyakini hal itu terjadi karena Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, tidak dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur.

“Dan itu hal yang penting sekali. Begitu jalannya rusak, apalagi jalan provinsi, akan mengganggu yang namanya komoditas itu, mobilitas orang, mobilitas barang, biaya logistik akan naik,” ujarnya.

Menurut Jokowi, hal itu secara praktis bisa langsung membuat komoditas produksi provinsi dengan jalanan rusak tidak bisa bersaing dengan barang dari daerah lain.

“Ini yang kita harus tahu semua manfaat infrastruktur ada di situ,” katanya.

Presiden sebelumnya dijadwalkan melakukan kunjungan kerja ke Lampung, pada Rabu (3/5/2023) kemarin, sebagaimana keterangan dari Basuki Hadimuljono Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR).

Namun, jadwal kunjungan kerja itu ditunda menjadi Jumat hari ini, dan Basuki mengaku tidak mengetahui secara pasti alasan perubahan jadwal kunjungan Presiden tersebut.

“Enggak tahu. Mungkin jadwal-nya Presiden. Tanya prokis (protokol istana-red.),” ujar Basuki di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (3/5/2023) lalu.

Basuki juga sempat menegaskan tidak ada perbaikan instan untuk jalan-jalan yang rusak di Lampung dan petugas balai jalan di bawah Kementerian PUPR, hanya melakukan survei ke lokasi jalan yang rencananya dikunjungi Presiden. (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 14 April 2024
30o
Kurs