Selasa, 25 Juni 2024

Jokowi Target Bandara di IKN Beroperasi Desember 2024

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Joko Widodo Presiden saat mendarat di di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali pada Selasa (31/10/2023). Foto: BPMI Setpres

Joko Widodo Presiden menargetkan bandar udara di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara beroperasi penuh pada 2024.

Hal tersebut disampaikan Jokowi usai peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan bandara di IKN pada Rabu (1/11/2023).

“Hari ini kita segera akan melakukan groundbreaking pembangunan Bandar Udara Ibu Kota Nusantara (IKN) yang ditargetkan akan beroperasi penuh pada Desember 2024,” kata Jokowi dilansir Antara.

Presiden menjelaskan, pembangunan bandara IKN di ditargetkan selesai dan sudah dapat digunakan pada Juni 2024. Namun resmi operasional pada Desember 2024.

Kehadiran bandara di IKN sangat penting seiring dengan padatnya kegiatan dan mobilitas orang. Begitu juga barang dari dan menuju IKN.

Jokowi mengatakan, bandara di IKN dibangun khusus untuk mendukung pelayanan kegiatan pemerintahan di IKN dan mendukung konektivitas di IKN.

Dengan total luas 347 hektare dan “runway” sepanjang 3.000 x 45 meter, bandara ini bisa melayani pesawat berbadan lebar (wide body).

Bandara ini dilengkapi terminal seluas 7.530 meter persegi. Sehingga penumpang dapat dilayani dengan nyaman dan baik.

“Bandara ini akan membuat kawasan IKN makin terbuka, konektivitas makin baik, dan juga makin mudah dijangkau dari manapun,” kata Presiden. (ant/saf/iss)

Berita Terkait

..
Surabaya
Selasa, 25 Juni 2024
26o
Kurs