Minggu, 19 Mei 2024

Jokowi Tegaskan Dukungan Indonesia untuk Palestina Tak Pernah Surut

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Seorang pria duduk termenung di reruntuhan bangunan rumahnya yang hancur akibat serangan udara Israel di Kota Gaza pada 4 November 2023. Foto: Xinhua

Joko Widodo Presiden menegaskan bahwa dukungan Republik Indonesia terhadap Palestina tidak akan pernah surut.

“Tetap dukungan kita terhadap Palestina tidak akan surut,” ujar Joko Widodo dilansir Antara pada Selasa (7/11/2023).

Jokowi pada kesempatan itu mengingatkan tentang dampak perang antara Ukraina dan Rusia, termasuk perang di Palestina yang berdampak pada banyak negara di dunia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menegaskan dukungan Indonesia terhadap kemerdekaan Palestina.

Presiden juga memuji Retno Marsudi Menteri Luar Negeri dalam Sidang Dewan Keamanan Persatuan Bangsa-Bangsa pada akhir Oktober 2023 yang menyuarakan secara lantang sikap Indonesia terkait Palestina.

Jokowi mengaku sempat heran dengan sikap keras yang ditunjukkan Menlu Retno dalam forum itu. “Saya juga heran Bu Menlu kita ini orangnya halus, tapi kok di Dewan Keamanan galak banget,” tutur Jokowi.

Sementara itu, jumlah kematian warga Palestina di Gaza mencapai 10.022 orang sejak putaran terbaru konflik Hamas-Israel dimulai pada 7 Oktober.

Ashraf Al-Qudra juru bicara kementerian Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan, korban tewas meliputi 4.104 anak dan 2.641 perempuan. Sementara korban luka-luka meningkat menjadi 25.408 orang. (ant/saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
31o
Kurs