Senin, 29 April 2024

Jokowi Ungkap Rencana Melantik Menteri Pertanian Pengganti Syahrul Yasin Limpo Pekan Ini

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan

Joko Widodo Presiden mengatakan, pekan ini akan ada pelantikan Menteri Pertanian menggantikan Syahrul Yasin Limpo yang menjadi tersangka kasus korupsi.

Dalam keterangannya, siang hari ini, Selasa (24/10l/2023), di Jakarta, Presiden bilang waktu pelantikan Menteri Pertanian yang baru masih disiapkan.

“Mungkin minggu ini. Posisi Menteri Pertanian. Waktunya masih disiapkan,” ucapnya.

Jokowi memberi isyarat kalau perwakilan dari Partai Demokrat yang sebelumnya di luar pemerintahan akan masuk Kabinet Indonesia Maju untuk sisa masa jabatan 2019-2024.

Seperti diketahui, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Syahrul Yasin Limpo sebagai tersangka korupsi dan melakukan penahanan.

KPK menemukan bukti Syahrul bersama dua orang bawahannya bersama-sama menyalahgunakan kekuasaan dalam proses lelang jabatan, dan meminta imbalan dari vendor pengadaan barang/jasa di lingkungan Kementerian Pertanian.

Uang yang sudah diterima Syahrul Yasin Limpo diperkirakan sebanyak Rp13,9 miliar. Uang haram sebanyak itu di antaranya dipakai untuk membayar kartu kredit keluarga Syahrul, dan membayar angsuran pembelian satu unit mobil Toyota Alphard.

Untuk menjalankan tugas sementara waktu, RI 1 menunjuk Arief Prasetyo Adi Kepala Badan Pangan Nasional sebagai Pelaksana Tugas Mentan, mulai tanggal 6 Oktober 2023. (rid/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
29o
Kurs