Rabu, 24 April 2024

Jokowi: Zakat Bisa Membantu Mengurangi Angka Kemiskinan Ekstrem

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden memberikan arahan kepada jajarannya usai menyerahkan zakat di Istana Negara, Jakarta, Selasa (28/3/2023). Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden, Ma’ruf Amin Wakil Presiden, dan sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju, hari ini, Selasa (28/3/2023), menyerahkan zakat tahun 2023, di Istana Negara, Jakarta.

Setibanya di lokasi sekitar pukul 10.00 WIB, Presiden langsung menuju ke meja tempat pembayaran zakat yang sudah disiapkan.

Lalu, Jokowi mengeluarkan ponsel dan memindai data untuk membayar zakat melalui Robot Zakat Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

Selanjutnya, Wakil Presiden beserta para menteri dan sejumlah kepala lembaga yang hadir bergantian menyerahkan zakat.

Dalam keterangannya, Presiden menegaskan berzakat merupakan kewajiban setiap Umat Islam sebagai wujud rasa syukur dan terima kasih kepada Allah SWT.

“Berlomba-lomba berbuat kebaikan termasuk berinfaq sedekah dan juga berzakat,” ujarnya.

Menurut Jokowi, Pemerintah terus berupaya sekuat tenaga untuk mengurangi angka kemiskinan ekstrem.

Untuk itu, Pemerintah membutuhkan dukungan dan partisipasi semua pihak, termasuk lewat penghimpunan serta penyaluran zakat, infaq dan sedekah.

Lebih lanjut, Kepala Negara mengimbau Umat Islam di Tanah Air khususnya pejabat pemerintahan menunaikan kewajiban zakatnya melalui Baznas.

Dengan begitu, dana zakat, infaq dan sedekah yang terkumpul bisa dikelola dengan profesional, akuntabel dan transparan.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
28o
Kurs