Senin, 29 April 2024

Jubir Satgas Covid-19 Jatim Dilantik Jadi Spesialis Jantung FK Unair

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Kiri ke kanan: Prof Budi Santoso Dekan FK Unair dan Dokter Makhyan Jibril Al Farabi Jubir Satgaa Covid-19 Jatim. Foto: Meilita suarasurabaya.net

Dokter Makhyan Jibril Al Farabi Manajer Data dan Juru Bicara Satgas Covid-19 Jawa Timur (Jatim) dilantik jadi dokter spesialis jantung di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair).

Menurut Dokter Jibril, spesialis jantung dipilih karena jadi salah satu penyakit krusial dengan angka kematian besar sehingga butuh penanganan cepat dan tepat.

“Jadi manusia-manusia di masa depan punya pengetahuan general biar bisa menyelesaikan masalah secara luas karena tahu stakeholder. Tapi tetap harus punya spesialisasi yang mau menyelesaikan lebih dalam. Jantung itu prevalensi kematian cukup besar, krusial di Indonesia,” ujarnya pada Kamis (22/6/2023).

Selain itu, banyak pasien Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dengan keluhan penyakit jantung. Ia ingin penderita bisa tertolong dengan cepat dan tepat sehingga hidupnya bisa tetap berlanjut.

“Kalau tidak ditangani baik, bisa komplikasi panjang atau nyawa orang bisa hilang. Kalau telat dirujuk atau tidak tahu kalau punya penyakit jantung (juga bisa meninggal),” terangnya.

Sebagai langkah awal, 23 Juni nanti Jibril akan bertolak ke Papua untuk mengaplikasikan ilmu manajemen kesehatan dan jantung di Dinas Kesehatan Papua.

Termasuk memberi training pelaksanaan telemedicine yang menjadi alternatif pelayanan kesehatan saat ini. Usai lulus, ia juga akan mengabdi di Departemen Kardiologi FK UNAIR sambil mempersiapkan diri untuk menempuh subspesialis (Sp 2) kardiologi yang baru satu-satunya di Indonesia ada di FK UNAIR.

Sementara Prof Budi Santoso Dekan FK Unair mengapresiasi langkah Jibril yang berkecimpung di Pemerintah Provinsi Jatim saat pandemi Covid-19 kemarin.

“FK UNAIR sangat senang jika punya murid-murid spesial seperti Dokter Jibril ini. Yang mendedikasikan tenaga maupun pikirannya untuk kesehatan. Karena sejatinya pendidikan kedokteran bukan hanya melahirkan dokter yang berfikir egosentris kecukupan materi diri. Namun juga bertanggung jawab akan kemajuan bangsa,” tandasnya.

Sekedar diketahui, Jibril dilantik bersama 69 dokter spesialis dan subspesialis lainnya di Aula FK Unair Selasa (20/6/2023). (lta/dvn/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
29o
Kurs