Senin, 29 April 2024

Jumlah Pemudik lewat Penyeberangan Situbondo-Madura Melonjak

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
KMP Wicitra DharmaI bersiap bertolak dari Pelabuhan Jangkar, Situbondo, Sabtu (15/4/2023). Foto: Antara

Jumlah pemudik yang menggunakan jasa angkutan kapal feri di Pelabuhan Jangkar Situbondo, menuju Pulau Raas di Sumenep Madura, Jawa Timur (Jatim) melonjak. Akibatnya, kapal mudik gratis diizinkan mengangkut penumpang melebihi kapasitas angkut.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) sebelumnya memfasilitasi mudik dan balik gratis warga Pulau Raas menggunakan KMP Wicitra Dharma I, yang diberangkatkan dari Pelabuhan Jangkar.

“Pada H-7 Lebaran 2023 memang terjadi lonjakan pemudik yang yang signifikan di Pelabuhan Jangkar, khususnya rute Jangkar-Raas,” ujar Tri Wahyono Koordinator UPT Pelabuhan Pengumpan Regional (PPR) Banyuwangi, Wilayah Kerja Jangkar, Situbondo, Sabtu (15/4/2023) malam.

Melansir laporan Antara, Minggu (16/4/2023), lonjakan tersebut membuat otoritas penyeberangan Situbondo-Madura sepakat menambah jumlah penumpang KMP Wicitra Dharma I menjadi 350 penumpang, dari sebelumnya 250 orang.

“Jadi, mulai jadwal keberangkatan kapal kedua program mudik gratis kami tambah kuota penumpang dari sebelumnya 250 menjadi 350 orang penumpang, jumlah angkut sepeda motor juga ditambah dari 150 menjadi 200 unit,” ungkapnya.

Tri Wahyono menegaskan, penambahan jumlah kuota angkutan mudik Lebaran menggunakan kapal feri tidak melebihi batas keselamatan pelayaran.

“Meski menambah jumlah penumpang, tapi tidak melebihi kapasitas alat keselamatan pelayaran yang ada, seperti jaket pelampung (life jacket) tersedia 375 di kapal,” imbuhnya.

Sekadar diketahui, pada Sabtu malam kemarin, jadwal kedua keberangkatan kapal feri mudik gratis mengangkut sebanyak 373 orang penumpang, dan sepeda motor 153 unit.

Mudik gratis dari Pelabuhan Jangkar ke Pulau Raas menggunakan satu unit kapal feri, yakni KMP Wicitra Dharma I sebanyak empat kali trip pelayaran.

Jadwal keberangkatan kapal feri untuk angkutan mudik dan balik gratis, pada 13 April 2023, kapal feri bertolak dari Pelabuhan Jangkar menuju Pulau Raas sekitar pukul 12.00 WIB, sedangkan pada tanggal 15, 17 dan 19 April 2023, kapal motor penyeberangan untuk mudik gratis itu dijadwalkan berangkat pada pukul 22.00 WIB.

Pada arus balik juga empat kali trip pelayaran kapal dari Raas ke Jangkar, yakni pada tanggal 30 April, dan tanggal 2, 4, 6 Mei. Kapal feri berangkat pukul 06.00 WIB. (ant/bil/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
27o
Kurs