Jumat, 10 Mei 2024

Kadisbudpar Jatim Ajak Dubes RI untuk Maroko Kolaborasi Kenalkan Potensi Daerah

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Hudiyono Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur bertemu dengan Hasrul Azwar Duta Besar RI untuk Maroko di Maroko pada Rabu (6/9/2023). Foto: Disbudpar Jatim Hudiyono Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur bertemu dengan Hasrul Azwar Duta Besar RI untuk Maroko di Maroko pada Rabu (6/9/2023). Foto: Disbudpar Jatim

Hudiyono Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur bertemu dan berdiskusi dengan Hasrul Azwar Duta Besar RI untuk Maroko di Maroko pada Rabu (6/9/2023).

Dalam kunjungan kali ini, Kadisbudparprov Jatim hadir bersama perwakilan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso.

“Kami berkolaborasi untuk mengenalkan potensi Jawa Timur di kancah Internasional. Harapannya, ke depan dapat dilakukan kerja sama Sister City antara berbagai kota dan kabupaten di Jawa Timur dengan Maroko untuk meningkatkan daya saing daerah,” kata Hudiyono melalui keterangan tertulis yang diterima, Jumat (8/9/2023).

Hudiyono melanjutkan, optimalisasi tersebut merupakan bentuk komitmen Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk terus meningkatkan kolaborasi antar lembaga.

“Output yang ingin dicapai adalah upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat utamanya di sektor kebudayaan dan pariwisata,” tuturnya.

Keesokan harinya, Ipuk Fiestiandani Bupati Banyuwangi, Jawa Timur menghadiri langsung penetapan Geopark Ijen sebagai UNESCO Global Geopark (UGG) atau Jaringan Geopark Dunia dalam Konferensi Internasional Ke-10 UGG di Marrakes, Maroko pada 7-9 September 2023.

“Ini merupakan momen penting untuk mendorong Banyuwangi, baik alamnya, wisatanya maupun budayanya, bisa bersaing di kancah internasional,” kata Ipuk Fiestiandani.

Penetapan Geopark Ijen sebagai UNESCO Global Geopark, lanjut Ipuk, akan meningkatkan kesadaran masyarakat internasional sehingga mendorong kunjungan orang ke Banyuwangi, menggerakkan ekonomi dan membuka lapangan kerja baru.

Setelah menghadiri kegiatan internasional ini bersama lebih dari 195 geopark dunia dari 48 negara itu, Pemkab Banyuwangi nantinya juga bakal melakukan MoU dengan sejumlah pengelola UGG di dunia, satu di antaranya UGG M’Goun (Maroko).(iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 10 Mei 2024
32o
Kurs