Minggu, 5 Mei 2024

Kadisbudpar Jatim: Event Budaya Menghadirkan Berkah buat Masyarakat di Daerah

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Benny Sampirwanto Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdaprov Jatim (kiri) foto bersama Hudiyono Kadisbudpar Pemprov Jatim (kanan), usai menerima Merdeka Award 2023, Rabu (30/8/2023), di Jakarta. Foto: Farid Suara Surabaya

Hudiyono Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Pemerintah Provinsi Jawa Timur mengatakan, pihaknya terus mengupayakan makin banyak acara budaya dan ekonomi kreatif di Jatim.

Dia bilang, berbagai event di daerah selalu membawa berkah buat pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), dan kelompok masyarakat yang sehari-harinya tidak bekerja di sektor formal.

Hal itu menjadi salah satu alasan Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim mendorong kolaborasi desa wisata dengan berbagai event budaya dan ekonomi kreatif yang ada di Jawa Timur.

Menurutnya, pernah dalam satu event yang ditonton sekitar 20 ribu orang di Kabupaten Banyuwangi, perputaran uangnya hampir mencapai Rp10 miliar.

“Event-event budaya dan ekonomi kreatif mendatangkan berkah tersendiri buat masyarakat khususnya pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), pedagang kecil, petugas parkir kendaraan, dan masyarakat yang tidak bekerja formal. Tentu kegiatan berbasis budaya lebih menonjol supaya bisa tetap melestarikan budaya-budaya lokal di Jawa Timur sekaligus menghadirkan kesejahteraan masyarakat yang tidak bekerja secara formal,” ujarnya kepada suarasurabaya.net, Rabu (30/8/2023), di Jakarta.

Berdasarkan data yang dipegang Kadisbudpar, sampai Juli 2023, Pemprov Jawa Timur sudah menggelar sekitar 400 event pariwisata dan ekonomi kreatif.

Hudiyono menargetkan setidaknya ada 600 event yang terselenggara sepanjang tahun 2023 melibatkan pemerintah provinsi, kabupaten/kota, serta desa wisata.(rid)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
32o
Kurs