Minggu, 28 April 2024

KAI Daop 8 Surabaya Cek Jalur Gubeng-Malang Jelang Nataru

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Petugas PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya saat melakukan pengecekan jalur Surabaya Gubeng menuju Malang, di Jawa Timur. Foto : Antara

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya melakukan pengecekan jalur Surabaya Gubeng menuju Malang, menjelang datangnya momen libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

Luqman Arif Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya dalam keterangannya, Rabu (15/11/2023), di Kota Malang, Jawa Timur (Jatim) mengatakan tujuan pengecekan juga untuk menjaga keselamatan dan kelancaran perjalan kereta api menghadapi musim hujan.

“KAI Daop 8 Surabaya akan berusaha semaksimal mungkin untuk mewujudkan perjalanan kereta api yang selamat, aman, dan nyaman bagi pelanggannya,” kata Luqman dilansir Antara.

Luqman menjelaskan, pada pelaksanaan cek lintas operasional tersebut, KAI Daop 8 Surabaya juga memastikan satu titik yang masuk dalam daerah pantauan khusus karena berpotensi mengganggu operasional kereta api.

Titik tersebut berada di Bangunan Hidmat atau jembatan Nomor 248, antara Stasiun Malang dengan Stasiun Malang Kota lama, yang memiliki potensi terjadi hidrolika, yaitu derasnya arus sungai saat musim hujan.

Dalam upaya mengantisipasi potensi yang bisa mengganggu kelancaran perjalanan kereta api tersebut, lanjutnya, KAI Daop 8 Surabaya telah menempatkan AMUS, alat bantu darurat berupa karung, bantalan kayu dan beton.

Kemudian, pasir, balas, rel cadangan, penambat, plat sambung, perancah, lampu dan generator, terpal, alat potong dan sejumlah peralatan pendukung lainnya. Selain itu, Daop 8 Surabaya juga akan menyiapkan petugas khusus di lokasi tersebut.

“Untuk daerah perhatian khusus, kami akan menyiagakan dua petugas atau shift sesuai lokasi,” katanya.

Sementara itu, ujar Luqman, dari sisi pelayanan pelanggan, jajaran manajemen melakukan pengecekan di seluruh fasilitas seperti halnya ruang tunggu, kebersihan toilet, boarding pelanggan, dan lainnya.

Selain itu untuk kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM), manajemen memastikan kemampuan para petugas telah sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP), baik dari sisi teknis maupun non teknis.

“Termasuk di dalamnya kelengkapan sertifikasi petugas yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA),” katanya.

Dari hasil pemeriksaan tersebut, jajaran manajemen KAI Daop 8 Surabaya meyakinkan kondisi operasional kereta api dalam kondisi prima menjelang libur Natal dan Tahun Bru 2024, serta datangnya musim hujan.

PT KAI Daop 8 Surabaya akan terus melakukan pemantauan dan pengawasan pada lintas operasional kereta api yang dinilai berpotensi dapat mengganggu perjalanan kereta api. (ant/and/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
33o
Kurs