Jumat, 19 April 2024

KAI Jember Sediakan 168.960 Tiket Untuk Angkutan Lebaran 2023

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Penumpang kereta api naik di Stasiun Jember. Foto: Antara

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 9 Jember, menyediakan sebanyak 168.960 tiket untuk melayani calon penumpang selama masa angkutan Lebaran 2023.

“Hingga 6 Maret 2023, tiket KA jarak jauh pada masa angkutan Lebaran yang telah terjual untuk periode 12 hingga 20 April 2023 sebanyak 12.474 lembar atau sekitar 7 persen,” kata Azhar Zaki Assjari Pelaksana Tugas Manajer Hukum dan Humas Daop 9 di Jember, Senin (6/3/2023).

Menurutnya, jumlah tersebut masih akan bertambah karena penjualan tiket kereta untuk masa angkutan Lebaran masih terus berlangsung dan tiket di wilayah Daop 9 Jember yang dapat dipesan sebanyak 7.680 lembar setiap hari.

“Untuk KA jarak jauh dan menengah yang melewati Daop 9 Jember, antara lain KA Ranggajati, Wijayakusuma, Blambangan Ekspres, Logawa, Sritanjung, Tawangalun, dan Probowangi,” tuturnya.

Melansir dari Antara, ia menjelaskan pemesanan tiket kereta api untuk angkutan Lebaran sudah dapat dilakukan sejak 26 Februari 2023 melalui aplikasi KAI Access, web kai.id, serta seluruh jaringan resmi penjualan tiket KAI lainnya.

“Saya mengimbau masyarakat untuk merencanakan perjalanan mudik Lebaran jauh-jauh hari agar tidak kehabisan tiket kereta karena penjualan tiket untuk mudik sudah dibuka dan kini masih cukup banyak tersedia untuk KA jarak jauh,” katanya.

Ia juga mengimbau calon penumpang kereta untuk merencanakan perjalanan sebaik mungkin termasuk estimasi perjalanan menuju stasiun, sehingga jangan sampai keliru dan akhirnya tidak bisa mudik Lebaran.

“Kami mengajak masyarakat agar menggunakan kereta api sebagai transportasi pada masa angkutan Lebaran yang aman, nyaman, dan tepat waktu,” ujarnya.

Dalam rangka menghadapi angkutan Lebaran, lanjut Azhar, KAI akan melakukan berbagai kesiapan, baik pada sarana, prasarana, maupun sumber daya manusia. Para petugas KAI juga terus dipersiapkan untuk mewujudkan keamanan dan keselamatan perjalanan kereta api.(ant/abd/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
26o
Kurs