Sabtu, 4 Mei 2024

Kampung Wisata Sejarah Peneleh Surabaya Ditarget Rampung Juli 2023

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Kampung Lawang Seketeng yang berada di Kelurahan Peneleh, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur, disiapkan menjadi salah satu destinasi wisata heritage. Foto: Antara

Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga, serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya menarget Kampung Peneleh sebagai wisata sejarah rampung pengerjaan bulan depan.

Wiwiek Widayati Kepala Disbudporapar Kota Surabaya menyebut, akan ada pengaktivan resmi jika sudah jadi.

“Sedang kami garap mudah-mudahan bulan Juli bisa kami selesaikan, artinya akan ada aktivasi di sana,” kata Wiwiek pada awak media ditemui di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Selasa (6/6/2023).

Sementara ini pengerjaan difokuskan untuk memperkuat sisi sejarah Kampung Peneleh. Menurut Wiwiek, banyak bangunan yang memiliki historis, seperti rumah kelahiran Soekarno atau Bung Karno hingga bekas tempat tinggal HOS Tjokroaminoto.

“Konsepnya kampung sejarah, history-nya lebih kami kuatkan lagi,” tambahnya.

Kampung Peneleh itu, sambungnya, juga akan terkoneksi dengan wisata perahu Sungai Kalimas Surabaya.

Sehingga pengerjaan dermaga di wilayah Peneleh juga sedang proses dilakukan. Dermaga nantinya jadi tempat bersandar perahu wisata susur sungai seperti area Taman Prestasi atau Tapres.

“Kalau perahu di Tapres ada 13 unit,” ucapnya.

Selain itu, wisata Taman “Asli Arek Suroboyo” atau Asreboyo yang terletak di Kelurahan Ngagel, Kecamatan Wonokromo juga terus dikembangkan.

Pengembangan yang dilakukan di taman seluas 853 meter persegi itu, lanjut Wiwiek, akan diperluas rute perahu dan armada yang sekarang hanya ada satu unit beroperasi.

“Amada perahu yang bisa diatur rutenya Ngagel ke Jembatan Ujung Galuh bisa juga ke pintu air sisi selatan,” tandasnya. (lta/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
32o
Kurs