Senin, 6 Mei 2024

KBRI Kenalkan Angklung dalam Indonesian Cultural Night di Italia

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Kelompok seni musik Angklung Gita Swara Nassa berada di atas panggung usai tampil pada Indonesian Cultural Night di Napoli. Foto: Antara

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Roma memperkenalkan seni musik angklung dalam acara Indonesian Cultural Night di Napoli, Italia.

Lefianna Hartati Ferdinandus KBRI Roma menyebut, bawha angklung menjadi salah satu media diplomasi negara Indonesia dengan Italia.

“Diplomasi seni budaya Indonesia dilakukan secara konsisten oleh KBRI, bukan saja sebagai bentuk komitmen melestarikan alat musik angklung, namun sebagai pengenalan dan interaksi budaya antara Indonesia dan Italia,” ujarnya di Jakarta, melansir Antara, Sabtu (9/9/2023).

Indonesia Cultural Night yang berlangsung Kamis (7/9) dihadiri sekitar 200 undangan dari korps diplomatik, pejabat pemerintah kota Napoli, akademisi, media, diaspora Indonesia dan Friends of Indonesia.

Kelompok seni musik angklung Gita Swara Nassa memainkan total sebelas lagu tradisional dan Barat yang juga berkolaborasi bersama Arturo Caccavale penyanyi solo Italia.

“Bermain angklung mengandung nilai-nilai penting seperti saling menghormati, gotong royong dan kerja sama,” sambung Lefianna.

Sebagai informasi, Gita Swara Nassa Angklung merupakan kelompok seni musik dari Nassa School di Bekasi yang terdiri dari 46 siswa SD, SMP, SMA, dan alumni yang menjadi pemain angklung, pengiring musik dan penari. Kelompok ini mengusung misi melestarikan angklung dan memperkuat citra positif Indonesia di mata dunia.

Dalam acara tersebut, KBRI Roma juga menggelar diplomasi kuliner dengan menyajikan berbagai makanan khas Indonesia, serta mempromosikan wisata Indonesia melalui tayangan video Wonderful Indonesia. (ant/fra/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
32o
Kurs