Kamis, 18 April 2024

KBRI Tokyo Upayakan Kolaborasi Bidang Pendidikan Musik Jepang-Indonesia

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Tokyo Yusli Wardiatno (baju batik) berfoto bersama staf dan pengajar Tokyo College of Music (TCM) di Kanda, Tokyo, Jumat (28/7/2023). Foto : Antara

Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo, sedang mengupayakan kolaborasi dalam bidang pendidikan musik serta memperkenalkan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di lembaga-lembaga pendidikan Jepang.

“Kebijakan MBKM merupakan sebuah terobosan yang mesti disosialisasikan pada berbagai institusi pendidikan di Jepang yang berpotensi menjadi mitra dalam kerjasama akademik dengan berbagai pemangku kepentingan di Indonesia,” kata Yusli Wardiatno Atdikbud KBRI Tokyo, dalam keterangan tertulis yang dilansir Antara, Senin (31/7/2023).

Wardiatno menyatakan sosialisasi ini penting karena dapat meningkatkan pemahaman mengenai kebijakan MBKM. Dengan demikian, diharapkan berbagai aktivitas akademik, seperti pertukaran mahasiswa dan staf pengajar, kerja sama riset, penyelenggaraan seminar bersama, dan kegiatan lain yang mendukung MBKM,semakin berkembang dan meningkat.

Hal ini disampaikan Wardiatno usai kunjungannya ke Tokyo College of Music (TCM), perguruan tinggi terkemuka dan tertua dalam bidang musik di Jepang yang didirikan sebagai Tokyo Conservatory of Music di wilayah Kanda, Tokyo, Jumat (28/7/2023).

Sementara TCM menyambut baik kebijakan ini, yang memberikan mahasiswa kesempatan untuk memiliki kendali lebih besar atas pendidikan mereka. Juga, memberikan fleksibilitas dalam menentukan jalur pendidikan yang sesuai dengan minat dan bakat masing-masing.

Institut musik itu sangat terkesan dengan inisiatif tersebut dan berniat untuk bermitra dengan Kemdikbudristek dalam Program Indonesia International Student Mobility Awards (IISMA).

Program ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa Indonesia untuk belajar di universitas di luar negeri, termasuk di Jepang.

Pada kesempatan yang sama, TCM juga menyatakan minatnya untuk membuka kampus atau program pendidikan musik di Indonesia, yang akan memberikan kesempatan bagi mahasiswa Indonesia peminatan bidang musik mendapatkan pendidikan berkualitas dari salah satu perguruan tinggi terbaik di Jepang.

“Kami ingin lebih menguatkan hubungan kerja sama pendidikan dengan pihak Indonesia. Informasi peluang membuka kampus di Indonesia sangat memikat dan akan kami pikirkan matang-matang. Kami juga sangat tertarik menjadi mitra Kemdikbudristek dalam program IISMA.” ujar Atsuko Okada Wakil Rektor TCM.

Kunjungan kerja ini diharapkan menjadi landasan kuat untuk menjalin kerja sama lebih erat antara Indonesia dan Jepang dalam bidang pendidikan musik. (ant/dvn/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
28o
Kurs