Rabu, 24 April 2024

Kebut Perbaikan Jalan, Pemkab Sidoarjo Targetkan Jalan Kabupaten Semuanya Mulus

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Perbaikan jalan rusak di ruas jalan Sepanjang-Ngelom, Sidoarjo, Rabu (10/5/2023). Foto: Diskominfo Pemkab Sidoarjo

Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air (PU BMSDA) Kabupaten Sidoarjo terus kebut perbaikan dan pemeliharaan jalan antar desa dan kecamatan. Pada awal Mei 2023 ini, terdapat 12 ruas jalan yang sedang diproses perbaikannya.

Sejumlah 12 ruas jalan itu yakni ruas jalan Tebel-Gemurung, Barengkrajan-Bypass Krian, Bringinbendo-Sidodadi, Candinegoro-Terung Kulon, Gamping-Wonokalang, Pekarungan-Terung wetan, serta Pilang-Sawocankring. Kemudian, ruas jalan Sidodadi-Kramat Jegu, Simoketawang-Simoangin-angin, Bulang-Prambon, Krembung-Bulang dan Mojoruntut-Cangkring.

Tidak hanya pemeliharaan dan perbaikan jalan, Dinas PU BMSDA Sidoarjo juga tengah merampungkan tahapan lelang untuk sejumlah proyek jalan beton. Dengan jumlah yang sama, total ada 12 ruas jalan yang akan dibeton pada tahun 2023.

Betonisasi jalan itu dilakukan di ruas jalan Barangkrajan-Sidomulyo, Betro-Kalanganyar, Gedangan-Betro, Kalanganyar-Segoro Tambak, Kandangan-Kepadangan, dan Tarik-Mlirip.

Sementara enam ruas jalan lainnya yaitu ruas jalan Wonoplintahan-Jedongcangkring, Banjarsari-Damarsih, Bakungpringgondani-Kedungbocok, Kebonagung-Kemasan, Porong-Krembung dan Pabrik Gula Krembung-Ngoro.

Ahmad Muhdlor Ali Bupati Sidoarjo menyatakan, pemeliharaan jalan itu akan mulai dikerjakan pada Mei ini. Dirinya juga memastikan proyek pemeliharaan dan betonisasi akan dikebut hingga akhir tahun 2023.

“Perbaikan atau pemeliharaan jalan rusak di sejumlah ruas kita kebut pengerjaannya. Termasuk proyek jalan beton. Mei ini sudah running perbaikan 12 ruas jalan dan Juli nanti mulai pengerjaan jalan beton,” tulis Bupati yang akrab dipanggil Gus Muhdlor dalam keterangan tertulis, Rabu (10/5/2023).

Gus Muhdlor tidak menampik jika masih ada ruas jalan rusak yang belum masuk dalam rencana pemeliharaan tahun 2023.

Ia menambahkan, ruas jalan yang belum masuk dalam rencana pemeliharaan tahun ini bukan berarti jalan tersebut tidak diperhatikan, tetapi pengerjaannya dilakukan dengan bertahap.

“Sama halnya dengan pemeliharaan jalan. Tahun 2023 ini belum semua bisa dilakukan betonisasi karena pengerjaannya bertahap, yang belum masuk tahun ini dilanjutkan lagi tahun 2024. Yang pasti jalan antar desa dan kecamatan pasti kami perhatikan. Target kami jalan kabupaten semuanya mulus,” terangnya. (ihz/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
28o
Kurs