Sabtu, 27 April 2024

Kematian Anak-anak Akibat Senjata Api di AS Mencapai Rekor Tertinggi

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi pistol. Foto: Pixabay

Penelitian baru menunjukkan bahwa jumlah anak-anak di Amerika Serika (AS) yang meninggal akibat tembakan senjata api telah mencapai rekor tertinggi.

“Sekitar 2.590 kematian akibat senjata api pada anak-anak dan remaja di bawah usia 18 tahun tercatat pada 2021, menunjukkan lonjakan mengejutkan sebesar 50 persen sejak 2019, sebelum terjadinya pandemi Covid-19,” lapor divisi berita dan peristiwa aktual dari Global Television Network Kanada, seperti dikutip Antara dari analisis Pew Research Center yang diterbitkan pekan lalu, Minggu (9/4/2023).

Tingkat kematian akibat senjata api di kalangan anak-anak dan remaja juga melonjak menjadi 3,5 kematian per 100.000 penduduk usia di bawah umur selama periode dua tahun yang sama, menurut analisis Pew dari data Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Centers for Disease Control and Prevention/CDC) AS.

Keduanya menandai angka tertinggi sejak 1999, yaitu ketika CDC mulai memasukkan data untuk anak di bawah 18 tahun dalam angka kematiannya, menurut laporan itu.

Sebagian besar kematian akibat senjata api di kalangan anak-anak pada 2021, yaitu sebesar 60 persen merupakan pembunuhan. Sementara sepertiganya adalah bunuh diri dan sisanya adalah kecelakaan, imbuh laporan itu.(ant/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
29o
Kurs